HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

10 Poktan Peduli Robonghollo terima bibit cengkih dan vanili  

Ketua Kelompok Tani Peduli Robonghollo, Yosep Luns Ondikeleuw, saat menerima bibit tanaman vanili dari Kadishut Provinsi Papua – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Program penanaman sejuta pohon di kawasan cagar alam Robonghollo yang baru saja dicanangkan Pemerintah Kabupaten Jayapura, dimanfaatkan untuk memberikan dukungan kepada10 Kelompok Tani (Poktan) Peduli Robonghollo, dengan memberikan bibit pohon vanili dan cengkih untuk ditanami di kawasan penyangga.

Ketua Kelompok Tani Pelangi, Yoseph Luns Ondikeleuw, yang menerima bantuan bibit vanili, mengatakan bibit tanaman yang diberikan ini akan ditanami di kawasan penyangga Robonghollo, secara khusus pada lahan kritis yang harus dihijaukan kembali dengan bibit tanaman yang diterima.

“Kawasan cagar alam Robonghollo sesungguhnya tidak boleh ada aktivitas kecuali penelitian atau kegiatan edukasi. Sementara bibit yang kami terima ini akan ditanam di kawasan penyangga yang rusak akibat banjir bandang Maret lalu,” ujar Yosep, saat ditemui di jalan lingkar utara, tempat pencanangan program penanaman sejuta pohon, Rabu (10/7/2019).

Dikatakan, tanaman vanili dan cengkih, selain upaya penghijauan oleh kelompok tani peduli Robonghollo, tetapi juga memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi petani yang mengelolanya.

Loading...
;

“Tanaman vanili hanya merambat di batang pohon, maka kita wajib menanam pohon untuk vanili. Sementara tanaman cengkih pohonnya yang besar dan termasuk tanaman jangka panjang. Sudah pasti akan menjadi pagar hijau di kawasan penyangga dan kawasan cagar alam Robonghollo. Sementara dari sepuluh kelompok ini, kami mendapat jatah areal satu hektar, berarti sudah ada sepuluh hektar untuk pengembangan dua jenis tanaman ini dan tentunya ketika dampak positif dirasakan akan berdampak pada luas areal tanam,” jelasnya.

Sementara itu, Saiful, pemerhati ingkungan, mengatakan untuk kawasan penyangga, pemerintah harus menyediakan tempat khusus untuk pengembangan tanaman tersebut.

“Untuk pengembangan tanaman seperti ini harusnya ada lahan khusus yang disiapkan, sehingga tidak berbenturan dengan apa yang diupayakan saat ini,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top