Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

10 tim Liga U-16 Piala Menpora zona Papua bersaing menuju Banten

Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa, menyerahkan bola kepada wasit menandai dimulainya kompetisi Liga U-16 Piala Menpora zona Papua – Jubi/humas panitia

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kompetisi Liga berjenjang U-16 Piala Menpora zona Papua memperebutkan piala bergilir Gubernur Papua secara resmi dibuka Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa, di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (10/8/2019).

Atas nama Gubernur Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan lewat kompetisi ini bisa melahirkan generasi-generasi hebat pesepakbola Papua. Sebab lewat kompetisi rutin dan berjenjang seperti Liga berjenjang U-16 Piala Menpora, talenta pemain bisa tersalurkan.

“Kompetisi berjenjang Liga U-16 Piala Menpora zona Papua yang juga memperebutkan piala bergilir gubernur, kiranya mampu melahirkan pesepakbola handal dan hebat dari Papua,” katanya.

Wakerkwa mengatakan kompetisi ini sangat bagus dan mendapat apresiasi serta dukungan positif dari Pemerintah Provinsi Papua. Sebabnya, ke depan seluruh daerah di Papua bisa berperan aktif mengirimkan timnya.

Loading...
;

“Kalau tahun ini hanya 10 kabupaten yang ikut berkompetisi, kami berharap tahun berikut dan selanjutnya semua kabupaten/kota bisa mengirimkan wakilnya,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON XX/2020. Oleh sebab itu,Pemerintah Provinsi Papua bersama seluruh kabupaten/kota ditopang pemerintah pusat, sedang giat-giatnya menyelesaikan semua infrastruktur olahraga menopang PON.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Papua, saya mengajak semua komponen masyarakat untuk kita bersama-sama menyukseskan PON XX/2020 di Papua yang akan berlangsung bulan Oktober tahun depan,” katanya.

Ketua panitia Liga berjenjang U-16 Piala Menpora zona Papua, Ayub Woisiri, melaporkan sebanyak 10 tim sekolah sepak bola atau SSB dari kabupaten/kota se-Papua ambil bagian pada kompetisi ini.

“Ada 10 tim yang ikut pada kompetisi tahun ini. Seharusnya semua kabupaten/kota diharapkan berpartisipasi mengirimkan wakilnya,” kata Ayub Woisiri kepada Jubi di lapangan Tunas Muda Hamadi, Minggu (11/8/2019).

Mantan jurnalis ini berharap tahun depan maupun selanjutnya, semua kabupaten/kota di Papua bisa berpartisipasi aktif, sebab dari kompetisi ini menjadi salah satu momentum pembinaan sekaligus ajang lahirnya pesepakbola handal dan berbakat.

“Kurangnya informasi dan komunikasi ke daerah-daerah menjadi penyebab belum semua daerah mengirimkan wakilnya. Kami berharap ke depan semua kabupaten/kota bisa terlibat aktif mengirimkan timnya,” ujarnya.

Nico Dimo, Koordinator Provinsi Papua, mengatakan Liga berjenjang U-16 Piala Menpora tahun ini mulai diputar di tingkat daerah dan para juara berhak tampil di putaran provinsi.

“Sebanyak 10 tim dari kabupaten/kota akan beradu teknik dan taktik untuk menjadi yang terbaik dan selanjutnya mewakili Papua ke putaran nasional di Banten,” kata Nico Dimo.

Mantan penjaga gawang Persipura ini mengatakan kompetisi merupakan sebuah tonggak baru pembinaan sepakbola di Papua. Sebab selama ini diketahui bersama bahwa Papua tidak pernah kehabisan pesepakbola top.

“Kompetisi menjadi salah satu wadah untuk mengukur tapi juga tempat lahirnya pemain-pemain hebat. Kita di Papua ini punya talenta pemain yang muncul silih berganti, sayangnya kurang ditopang kompetisi yang rutin,” ujarnya.

Ia berharap lewat kompetisi ini bisa melahirkan pesekbola handal yang ke depan tidak hanya menjadi primadona di tingkat lokal, tapi bisa melesat jauh hingga level nasional dan internasional

“Kami akui, kami terlambat untuk menggelar kompetisi ini, namun saya yakin dengan kesungguhan serta keseriusan dan kerja keras panitia, serta persiapan maksimal seluruh tim peserta, akan melahirkan tim yang bukan hanya juara di seri Papua tetapi melesat jauh hingga merebut Piala Menpora di putaran nasional,” katanya.

Sementara itu pada pertandingan perdana langsung menyuguhkan dua pertandingan. Laga pertama SSB Orion, Kabupaten Jayapura versus SSB Dekai, Kabupaten Yahukimo dimenangkan SSB Orion dengan skor 3-0.

Laga kedua SSB Mimika United menang telak atas SSB Petra Kabupaten Jayapura dengan skor 4-0. Pada laga Minggu (11/8/2019) sore , SSB Mamberamo Raya menang 2-0 atas SSB Boda Keerom dan SSB Bintang Timur menang 4-3 atas SSB Waribo. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top