149 praja IPDN akan praktik lapangan di Kabupaten Jayapura

149 praja IPDN akan praktik lapangan di Kabupaten Jayapura

Direktur IPDN, David E Major, ketika diwawancarai wartawan – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi –  Direktur Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), David E Major, mengatakan tahun ini sebanyak 149 praja IPDN akan melakukan praktik lapangan di Kabupaten Jayapura. Nindian praja 25 orang dan madya praja 124 orang.

“Sebanyak 149 praja itu, praja Nindian ditempatkan di OPD untuk belajar masalah adminstrasi dan praja madya ditempatkan di distrik, kelurahan atau desa,” jelas David Major, saat ditemui Jubi, awal pekan lalu.

David Major menambahkan ada dua program khusus yaitu pembenahan adminsitrasi.

“Program khususnya itu apa yang mau dibuat oleh kepala daerah di Kabupaten Jayapura ini kita sifatnya menunjang dan di kami secara khusus lagi itu ada bedah rumah itu dilakukan di desa,” jelas David.

Tahun 2019 ini pihaknya fokus kerja lapangan di Kabupaten Jayapura. Tahun-tahun mendatang bisa dialihkan ke daerah lain yang masih dalam wilah kerja IPDN Papua, seperti Manokwari atau Ambon.

“Nanti praja yang ditetapkan ini tidak disebarkan di semua distrik tapi di distrik yang ditunjuk, yakni Sentani Timur,” ucap Major.

Tujuan dari praktek lapangan ini agar praja paham bagaiman dalam melakukan praktek di lapangan.

“Ibaratnya hanya pindah tempat kerja saja dan itu akan dilakukan selama satu bulan,” ucap Major.

Terpisah, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan para praja IPDN yang akan praktek palangan di wilayahnya akan ditempatkan di beberapa kampung.

“Kita mempersilakan saja supaya mereka juga bisa lihat situasi di lapangan, tapi ilmu mereka ini juga bisa diterapkan di kampung di mana mereka lakukan praktek,” ucapnya

Awoitauw mengatakan praktek lapangan para praja IPDN ini sangat penting agar mereka mempunyai banyak pengalaman di lapangan untuk mengintegrasikan ilmu yang dipelajari di kampus dan fakta yang ditemui di lapangan.

“Pemerintah punya kewajiban untuk mendukung agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Awoitauw. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)