Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

16 rute subsidi angkutan udara perintis dimulai

Terbang perdana subsidi angkutan udara perintis dari Bandara Wamena ke Illaga-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena mulai mengoperasikan program subsidi angkutan udara perintis untuk 16 wilayah di pegunungan tengah Papua, baik untuk penumpang maupun kargo.

Dari ke 16 rute tersebut, 13 rute khusus untuk penumpang dari Bandara Wamena ke Holuwon, Karubaga, Keneyam, Mulia, Ilu, Tiom, Kobakma, Illaga, Elelim, Mamit, Mapenduma, Enggolok dan Mugi.

Sedangkan tiga rute penerbangan subsidi perintis untuk kargo/barang dari Wamena ke Mapenduma, Enggolok dan Mugi.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah X, Usman Efendi di sela-sela penerbangan perdana di Bandara Wamena, Senin (11/3/2019) mengatakan, untuk program ini koordinator wilayah Wamena mendapatkan tambahan dua angkutan udara yaitu ke Illaga dan Ilu.

“Tahun lalu untuk penumpang ini hanya 11 rute, tahun ini ditambah dua lagi menjadi 13 rute ditambah 3 rute perintis kargo,” katanya.

Loading...
;
Jadwal dan harga tiket penerbangan subsidi perintis-Jubi/UPBU Wamena

Harapannya, kata Usman, masyarakat dapat memanfaatkan karena harga tiket untuk penumpang sangat murah, dari pada menggunakan carter atau penerbangan regular yang selama ini terjadi.

“Mudah-mudahan rute yang bisa diberikan ini dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka perjalanan dari Wamena ke lokasi yang sudah ditentukan itu. Dan juga program ini semoga akan berlanjut, dan tahun depan kita ajukan juga menjadi 22 rute,” katanya.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Wamena, Joko Harjani menambahkan, untuk perintis penumpang subsidi yang diberikan yaitu dengan pembelian tiket dengan harga murah, sedangkan untuk kargo 100 persen disubsidi oleh pemerintah.
“Kargo seminggu sekali tiga rute dan untuk penumpang ada yang seminggu sekali, ada yang seminggu dua kali tergantung jumlah penumpang dan bagi penumpang yang akan berangkat dapat langsung membeli tiket di kantor Susi Air sebagai maskapai yang memenangi tender program ini,” katanya.

Pengawasannya, kata Joko, di setiap Bandara tujuan akan ada petugas yang akan mengawasi harga tiket subsidi angkutan perintis ini, sehingga menghindari dari tindakan percaloan.

“Hal ini supaya subsidi tepat sasaran, jangan sampai ada tiket yang harganya 300 ribu dinaikkan oleh calo seperti naik pesawat regular. Jangan sampai sudah disubsidi pemerintah, kemudian ada oknum menjual tiket di luar ketetapan pemerintah, dan untuk semua rute nilai besaran tiketnya akan kita tempelkan di setiap bandara atau lapangan terbang,” katanya.

Untuk perintis kargo, kata dia, UPBU Wamena akan berkoordinasi dengan dinas perinustrian dan perdagangan setiap kabupaten yang dilayani, dimana mereka yang akan menentukan distributor yang ditunjuk untuk mengirim barang ke tiga titik yang telah ditentukan.

“Kami bersama dengan perindag dan kementerian perdagangan mengawasi supaya subsidi itu betul-betul tepat sasaran, untuk menunrunkan disparitas harga barang yang ada di pedalaman,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top