Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

200 bus untuk melayani PON 2020

Bus Trans Jayapura sedang parkir di Kantor Wali Kota Jayapura – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kementerian Perhubungan akan mendatangkan 200 unit bus ke Kota Jayapura untuk melayani angkutan untuk atlet, pelatih, dan official selama PON 2020. Dampaknya kepada angkutan umum di Kota Jayapura?

KEMENTERIAN Perhubungan akan mendatangkan 200 unit bus ke Jayapura untuk digunakan selama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Bus tersebut untuk mendukung transportasi para atlet, official, dan pelatih selama berada di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Sefnath Kambuaya, menyatakan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan survei untuk mobilisasi kendaraan tersebut di Kota Jayapura.

“Bantuan itu sudah pasti, tipe bus dengan jumlah penumpang bervariasi, yaitu 34-50 kursi penumpang, semoga semuanya dapat terlayani dengan baik serta sesuai standar,” ujar Kambuaya di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis, 4 Juli 2019.

Loading...
;

Tenaga sopir sudah disiapkan Kementerian Perhubungan. Bus akan melayani para atlet, pelatih, dan official dari penginapan ke lokasi pertandingan maupun plesiran menikmati keindahan alam Kota Jayapura.

“Kami hanya sewa saja, sopirnya dari Kota Jayapura karena mereka sudah tahu lokasi tempat pertandingan dan tempat pariwisata,” kata Kambuaya.

Bus tersebut bersifat sementara, karana setelah selesai PON akan dikembalikan ke Kementerian Perhubungan.

Bus diperkirakan datang Agustus 2020 yang jadwalnya sama dengan rekruitmen sopir. Bus akan diparkir di Terminal Tipe C Entrop, Terminal Mesran, dan di PTC. Sisanya akan diparkir di lokasi lain.

“Selama bus tersebut berada di Kota Jayapura kami akan melakukan pengawasan dan memberikan pelayanan terbaik agar atlet, official, pelatih, dan wisatawan dapat terlayani dengan baik,” ujarnya.

Diakui Kambuaya, hajatan PON merupakan event yang sangat disiplin dalam waktu. Untuk itu, ia akan menjaga agar para atlet dan official yang menggunakan jasa mobil rental selalu terjaga sehingga selama pertandingan tidak terganggu oleh sesuatu yang sebenarnya tidak perlu terjadi

Kambuaya berharap, para sopir bus dan asistensinya hingga pemandu wisata yang mengatar para atlet, pelatih, dan official sudah mendapatkan pelatihan khusus sesuai dengan standar untuk memastikan pelayanan yang terbaik.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, baik darat, laut, maupun udara, serta dengan pihak terkait, koordinasi untuk memastikan sehingga nanti saat pelayanan bus sesuatu kebutuhan dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sebagai penunjang, bagi wisatawan maupun warga lokal yang ingin menyaksikan PON, Dinas Perhubungan Kota Jayapura sudah menyiapkan 20 halte layanan Bus Trans Jayapura. Halte tersebut berada di lokasi strategis yang biasa menjadi titip kumpul banyak orang sehingga memudahkan menikmati layanan bus tersebut.

Bus Trans Jayapura (BRJ) yang disiapkan Pemerintah Kota Jayapura ongkosnya naik menjadi Rp3.500 per orang. Rute pengoperasian BRJ mulai dari daerah Angkasa hingga Dok IX dua unit bus. Bus dipusatkan di Terminal Mesran. Tiga unit BRJ lainnya beroperasi di wilayah Abepura, Polimak hingga Waena.

“Jumlah BRJ ada lima bus, Pemkot Jayapura menyiapkan bus agar memberikan kemudahan dalam hal ini transportasi yang nyaman dan memerlukan akses cepat ke tempat-tempat pertandingan,” ujarnya.

Untuk kelancaran transportasi, Kambuaya mengatakan akan berkoordinasi dengan kepolisian agar tidak ada kemacetan.

Pemilik mobil rental di Kota Jayapura siap menyambut keramaian pesta PON 2020 yang akan dihelat di Papua. Diperkirakan 7.328 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia akan hadir di ajang olahraga nasional di Papua pada 9-21 September 2020. Jumlah yang datang bisa lebih banyak karena ditambah official, pelatih, pejabat, dan supporter.

Keramaian seperti itu dipastikan juga akan berdampak kepada kebutuhan terhadap transportasi lokal, terutama kebutuhan untuk plesiran para atlet dan pengunjung, sebab banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan saat berada di Kota Jayapura.

Pengusaha jasa penyewaan mobil atau mobil rental di Kota Jayapura, Arman, menyatakan sangat senang dengan digelarnya PON di Papua, khususnya di Kota Jayapura, sebab bisa menambah penghasilannya.

“Kami siap berpartisipasi di PON Papua karena tamu nantinya akan jalan-jalan, ini juga sekaligus mempromosikan tempat-tempat wisata di Kota Jayapura,” ujarnya.

Arman berharap bisa memberikan pelayanan terbaik, disiplin, dan konsisten karena sebagai jasa mobil rental pelayanan merupakan aspek utama yang disajikan.

“Kami memiliki standar tersendiri, soal kebersihan dan kenyamanan kendaraan misalnya menjadi unsur yang ditempatkan pada prioritas utama, begitu pula dengan sikap dan perilaku para sopir,” ujarnya.

Ia yakin Pemkot Jayapura akan mengintensifkan pengawasan kendaraan, karena mobil rental juga dipercayai untuk melayani para atlet maupun official dan pelatih selama PON berlangsung.

Diakui Arman, adanya bus yang sudah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan diyakini tidak mengganggu pendapatan mobil rental karena melayani atlet dan official yang ingin jalan-jalan di luar jadwal pertandingan.

“Pasti membutuhkan transportasi selain bus yang sudah disiapkan, kami berharap PON di Papua bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar, dan tidak terjadi kendala, semoga sesuai dengan harapan, tentunya yang terbaik,” ujarnya.

Sopir rental lainnya, Jonathan, juga yakin beradaan bus yang disiapkan pemerintah tidak akan mengganggu pendapatannya, karena sebagian peserta PON belum tentu membutuhkan bus resmi saat jalan-jalan pada malam hari.

“Pastinya sangat membutuhkan jasa mobil rental, saya rasa biasa-biasa saja karena pemerintah juga sudah antisipasi hal ini dengan menyiapkan armada, kalau PON berlangsung saya rasa ada peningkatan pendapatan kami, walauapun sedikit,” katanya. (*)

Editor : Syofiardi

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top