Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

212 miliar dikucurkan PUPR untuk penataan kawasan venue PON

Para pekerja saat mengerjakan Istora PON Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Cornelis Sagrim mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengucurkan anggaran senilai Rp 212 milyar untuk penataan venue PON Papua yang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) 2020 ditanah Papua

“Anggaran yang tersedia setelah kita lakukan revisi untuk penataan kawasan venue PON di Kampung Harapan Rp 142 milyar dan venue di Doyo baru sebesar Rp 70 milyar. Penataan kawasan akan menjadi tugas dari Kementerian PUPR adalah kawasan olahraga Kampung Harapan dan Doyo,” katanya kepada wartawan, Minggu (10/11/2019).

Tantangan terbesar pihaknya ke depan adalah bukan masalah pembangunan beberapa venue pendukung PON tetapi kondisi di mana harus melakukan penataan karena masih ada perumahan warga di sekitar venue yang dibangun tersebut.

“Kalau venue di Doyo tidak ada masalah karena tidak ada pemukiman warga, di Kampung Harapan masih ada rumah warga dan tanamannya, kami harapkan pemerintah provinsi Papua dapat segera menyelesaikan masalah ini, agar pekerjaan dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu,” ujarnya.

Loading...
;

Disinggung target penyelesaian pekerjaan penataan kawasan, Cornelis mengatakan, pengerjaan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Agustus atau September 2020.

“Proses pelelangan sedang dilakukan, target kita bulan depan (Desember) sudah dilakukan kontrak dan pekerjaan bisa dimulai,” katanya.

Lanjutnya, penataan kawasan venue PON kita buat seperti Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), seperti lokasi parkir kendaraan, mekanikal dan elektrikal, teknologi informasi komunikasi (ICT) dan penerangan,

“Prinsipya kita buat lanskap yang lebih berkualitas menyatu dengan bangunan venue,” ujarnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua Alex Kapisa mengatakan, saat ini sudah ada beberapa venue yang sudah siap dan ada beberapa venue yang masih dalam proses pengerjaan.

“Semoga semua pekerjaan dan penyelesaian venue berjalan sesuai dengan rencana,” katanya singkat. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top