Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

23 mahasiswa Papua di Palu menanti evakuasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Sebanyak 23 mahasiswa asal Provinsi Papua yang menjadi korban bencana di Kota Palu Sulawesi Tengah menanti dievakuasi ke daerah asalnya.

 Seorang korban, Izak Tebay mengatakan terdapat 23 mahasiswa Papua yang sudah terdata dari sekira 30-40 mahasiswa yang menempuh pendidikan di berbagai universitas di Kota Palu.

“Keadaan kami sangat sulit. Kalaupun ada uang, mau beli di mana? Sedangkan rumah kontrakan kami sudah rusak berat, ” kata Izak Tebay yang adalah mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palu kepada Jubi, Jumat (5/10/2018).

Seperti korban bencana lainnya, selama sepekan mereka bertahan hidup di luar rumah dengan keadaan kurang makan, minum, air bersih dan kebutuhan mendesak lainnya. Mereka lalu berinisiatif mendirikan Posko Papua, guna membantu mendata puluhan mahasiswa Papua lainnya yang belum diketahui kabar beritanya. Mereka mendirikan dua posko. Di bukit Tondo kampus Universitas Tadulako (Untad) dan di perumahan dosen Bumi Rosfika.

“Dua posko ini kami pakai untuk memudahkan teman-teman Papua mencari kami, juga agar memudahkan bantuan. Jika salah satu dapat, bisa berbagi dengan teman-teman di posko sebelah,” katanya.

Saat bencana terjadi pekan lalu, Izak Tebay mengaku sedang di rumah kontrakan yang disewa Pemkab Nduga untuk 11 mahasiswa asal kabupaten tersebut.

Loading...
;

“Saat gempa, kami lari keluar. Orang-orang berteriak lari ke bukit, kami lari ke bukit. Kami sebelas orang semua selamat,” katanya.

Sebagian besar mahasiswa Papua yang berada di Palu merupakan mahasiswa Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (AdiK) dari Kemenristekdikti dan mahasiswa dari Kabupaten Nduga.

“Baru kemarin BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mendata kami. Katanya kami akan dibantu keluar. Tapi tidak tahu kapan. Biar ada uang untuk cari tiket saja sulit,” kata Tebay.

Kini Tebay dan beberapa teman bergerak menuju bandara guna mengecek apakah ada kesempatan menuju Papua.(*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top