Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

5 bupati deklarasi dukung pembentukan Provinsi Papua Selatan

Sejumlah lima bupati di wilayah selatan Papua mendeklarasikan dukungan untuk pembentukan Provinsi Papua Selatan di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Rabu (27/11/2019). – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sejumlah lima bupati di Papua bersama-sama mendeklarasikan dukungan mereka terhadap rencana pembentukan Provinsi Papua Selatan. Dukungan dari Bupati Merauke, Bupati Boven Digoel, Bupati Mappi, Bupati Asmat, dan Bupati Pegunungan Bintang itu dideklarasikan di Auditorium Kantor Bupati Merauke pada Rabu (27/11/2019).

Sejumlah tokoh politik dan adat menjadi saksi deklarasi dukungan pembentukan Provinsi Papua Selatan yang dinyatakan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop, Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu, Bupati Asmat, Elysa Kambu, serta Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka pada Rabu itu. Para tokoh yang hadir itu antara lain mantan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze, sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta para perwakilan tokoh adat dan tokoh masyarakat dari kelima kabupaten itu.

Dalam sambutannya, Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan bangsa Indonesia telah menikmati kekayaan yang disumbangkan orang hitam dan keriting dari bumi Papua. Oleh karen itu, pada Rabu itu lima bupati melakukan deklarasi sekaligus mendukung penuh pembentukan Provinsi Papua Selatan.

“Jika ada pernyataan bahwa daerah otonom baru (DOB) untuk siapa? Saya perlu tegaskan bahwa untuk orang asli Papua di [wilayah] selatan Papua. Kalau kita masih hidup dalam satu piring dan saling berebutan nasi, maka itu akan susah dan mungkin kita akan terus mendapatkan tulang,” katanya.

Untuk itu, lanjut Frederikus Gebze, orang di Papua Selatan butuh visi dan masa baru guna mengangkat harkat serta martabat masyarakat di wilayah selatan Papua. “Hari ini kita bentuk suatu kesejatian di wilayah selatan Papua, dan itu adalah harga mati,” katanya.

Atas nama kelima bupati, Frederikus Gebze menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah Indonesia yang memprioritaskan pembentukan Provinsi Papua Selatan. “Kami berlima adalah jembatan, temasuk suara kenabian, suara adat, dan tokoh untuk hadirnya Provinsi Papua Selatan. Pemerintah akan memfasilitasi, memediasi dan membuat regulasi,” ungkapnya.

Loading...
;

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop menyatakan, masyarakat di Kabupaten Boven Digoel memberikan dukungan penuh untuk hadirnya Provinsi Papua Selatan. “Hari ini ada sejumlah perwakilan masyarakat dan tokoh dari Boven Diogel hadir. Sekaligus menyatakan sikap dan memberikan dukungan untuk hadirnya Provinsi Papua Selatan,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top