Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ada 1.338 orang asing dapat izin tinggal di Papua

Ilustrasi Kantor Imigrasi Jayapura- Jubi/Dok.

Jayapura, Jubi – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua mencatat ada 1.338 orang asing mendapat izin tinggal di wilayah paling timur Indonesia itu.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Hermansyah Siregar menyebutkan orang asing yang memegang izin tinggal tetap sebanyak 117 orang, izin tinggal terbatas sebanyak 1.184 orang, dan pemegang izin tinggal kunjungan 37 orang.

“Itu yang terdaftar di kantor-kantor imigrasi yang punya izin tinggal,” katanya di Jayapura, Senin,(10/6/2019).

Menurut dia, orang asing yang berkunjung tanpa memperpanjang izin tinggal, tentu tidak tercatat di Keimigrasian Kemkumham, tetapi tercatat di perlintasan Keimigrasian.

“Kalau memang instansi terkait membutuhkan data itu dan lebih memerlukan data yang proposional, kami bisa suplai data kepada mereka sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Loading...
;

Keimigrasian Kemenkumham Papua bisa memberikan data dan informasi terkait dengan data dan izin tinggal orang asing.

“Bayangkan Papua ini sangat luas ada 28 kabupaten dan satu kota. Maka, instansi terkait harus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mengawasi orang asing,” katanya.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Papua tetap melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing (TKA) meskipun telah ada Tim Pengawasan Orang Asing (Pora). Hal ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Asing.

Kepala Disnaker Papua Yan Piet Rawar, pernah mengatakan penggunaan atau penempatan tenaga kerja asing dilakukan sesuai keahlian yang tidak dimiliki tenaga kerja sendiri, sementara jabatan-jabatan tertentu seperti manajer dan personalia tetap harus diisi oleh orang Indonesia.

“Kalau pekerjaan yang sifatnya teknis dan tidak bisa dikerjakan oleh tenaga kerja Indonesia itu yang bisa ditempati, lebih dari pada itu harus pekerja orang asli Indonesia,” kata Rawar, di Jayapura, Sabtu (1/12/2018) kepada Jubi.

Di Papua, pekerja asing lebih banyak bekerja di bidang pertambangan, kerohanian dan pendidikan, yang mana jumlahnya sekitar 600 orang, sehingga pengawasan yang dilakukan bukan hanya pemerintah saja, tetapi ada tim Pora yang di dalamnya terdapat berbagai instansi. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top