HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ada Bimtek untuk penyelenggara Pemilu di Merauke

Kegiatan Bimtek pada PPD yang berlangsung di Hotel Iteze – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jubi, Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) selama dua hari dari 18-19 Maret 2019 kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

“Oleh karena ini adalah ending Pemilu presiden (pilpres) dan Pemilu legislatif (pileg) serentak yang agak rumit. Sehingga perlu dilakukan Bimtek kepada penyelenggara di tingkat bawah,” ujar anggota KPU Merauke, Michael Sarawan kepada wartawan Selasa (19/3/2019).

Adapun Bimtek untuk KPS maupun KPPS, akan dilaksanakan dalam waktu dekat pula. “Ya, kami sudah ikut di tingkat provinsi, sehingga dilanjutkan ke penyelenggara di bawah lagi,” katanya.

Michael mengatakan Bimtek agak terlambat dilaksanakan, karena PKPU 3 terkait pungut dan PKPU 4 tentang hitung dan PKPU 5 menyangkut rekapitulasi surat suara, baru disahkan tiga minggu lalu.

Loading...
;

Dijelaskan, khusus berkaitan dengan pengisian formulir, agak rumit juga. Olehnya dibutuhkan penyelenggara di bawah bekerja serius, tepat dan sesuai aturan. Sehingga pada saat pleno di tingkat kampung, distrik hingga KPU semua sama. “Memang ada 89 berita acara untuk lima surat suara itu,” ujarnya.

Ketua KPU Merauke, Maria Theresia Mahuze mengatakan, bimtek sangat penting diberikan kepada PPD, PPS maupun KPPS. Sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

“Berbagai aturan harus disampaikan kepada penyelenggara, agar dapat ditindaklanjuti pada saat proses pencoblosan, penghitungan sampai kepada rekapitulasi surat suara,” katanya. (*)

Editor:Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top