ADK lebih banyak untuk pembangunan infrastruktur

ADK lebih banyak untuk pembangunan infrastruktur

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam satu kesempatan kunjungan kerja ke Dapil IV – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengelolaan dan penggunaan Alokasi Dana Kampung (ADK), Alokasi Dana Desa (ADD), serta Prospek di Kabupaten Jayapura secara kontinu yang diterima oleh masing-masing kampung bukan tidak berguna sama sekali.

Ada banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat dari keberadaan dana tersebut yang turun langsung di kampung melalui pemerintah kampung maupun kampung adat.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung (DPMK)Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengatakan sebagian besar dari dana tersebut masih digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana di masing-masing kampung.

“Tahun ini dana yang diturunkan ke kampung akan lebih dititikberatkan kepada program peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di kampung-kampung,” ujar Elisa, saat ditemui di Sentani, Rabu (22/5/2019).

Dikatakan, dari setiap program yang dilaksanakan ini masih perlu pendampingan, tetapi juga regulasi yang baik untuk mengatur semua sistem dan program yang dilaksanakan, termasuk bimbingan secara teknis kepada aparat penyelenggara di kampung.

“Setiap kampung harus dipastikan potensi dan keunggulan yang ada, supaya setiap potensi yang dimiliki ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan semua masyarakat,” katanya.

Terpisah, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan kebangkitan masyarakat adat dan juga dimana mereka berada dalam satu wilayah kampung adat akan berdiri dan berkembang dengan semua potenasi yang dimiliki.

“Hal-hal teknis dapat diatur kemudian hari, tetapi kesempatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat diatur oleh masyarakat itu sendiri dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki. Pemerintah hanya member dukungan dana yang sudah diatur peruntukkannya kepada setiap kampung-kampung yang ada, bahkan ada pengeculian bagi kampung adat yang mendapat dana afirmatif tambahan Rp100 juta,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)