HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

ADK tahap I 2019 untuk kampung yang sudah serahkan LPJ 2018

Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, saat diwawancara – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengatakan realisasi Alokasi Dana Kampung (ADK) tahap I tahun 2019 akan direalisasikan pada Jumat (24/5/2019) bagi Kampung yang telah menyerahkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) keuangan ADK tahun 2018.

Dikatakan, bagi kampung yang telah menyerahkan LPJ 2018, realisasi anggaran tersebut akan disesuaikan dengan program kerja yang termuat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) yang sesuai dengan hasil Musrembang 2019.

“Dalam proses ini, data LPJ berdasarkan program yang dikerjaan harus mencapai 80 persen dan data tersebut diinput melalui sistem online kepada Kementerian Keuangan,” jelas Elisa, saat ditemui di Sentani, Rabu (22/5/2019).

Untuk Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II, ADK tahap I, serta Prospek, kata Elisa, pihaknya terus memacu bagi 139 kampung untuk segera memasukkan LPJ-nya agar sebelum masa liburan tiba, laporan sudah masuk di Kementerian Keuangan dan pada masa liburan berakhir, sudah ada dana yang ditransfer ke rekening kas daerah dan siap dikucurkan ke masing-masing kampung.

Loading...
;

“Saya pastikan pada bulan Juni, ADD tahap II dan ADK tahap I, sudah dapat dicairkan karena sudah ada surat printah pencairannya,” kata Elisa.

Elisa juga mengatakan realisasi ADD dan ADK tahun sebelumnya sudah ada banyak yang dilakukan oleh masing-masing kampung.

“Infrastruktur, fasilitas umum, fasilitas pendidikan, kesehatan, balai kampung, ada yang telah dibangun dengan memanfaatkan dana tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Yafet Felle, warga masyarakat Kampung Yobeh Distrik Sentani, mengatakan banyaknya aliran dana ke desa atau kampung tetapi pelaksanaannya tidak sesuai regulasi yang berlaku juga sama merugikan masyarakat.

“Misalnya seperti usulan masyarakat di setiap musrembang yang telah diakomodir dalam APBK, tetapi dalam kenyataannya program tersebut tidak dilaksanakan. Ketika dana diturunkan, hanya fokus pada satu jenis kegiatan saja sampai dengan pengucuran dana berikutnya,” pungkas Yafet. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top