Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ajak jaga lingkungan, Komunitas Papuansphoto lakukan hunting dan bersih-bersih air terjun Buper

               Aktivitas bersih-bersih di lokasi air terjun Buper, Waena bersama Komunitas Papuansphoto – Jubi/Agus Pabika

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Tebay mengatakan, dalam kegiatan hunting tersebut komunitas juga melakukan pembersihan sampah plastik yang berada di lokasi air terjun Buper.

 

 

Jayapura, Jubi – Menjaga lingkungan dari kerusakan tidak lagi menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan kembali ke kesadaran  pribadi dan masyarakat masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Whens Tebay Ketua Papuansphoto  usai melakukan hunting awal tahun dengan tema lingkungan di air terjun Buper, Waena, Sabtu (2/2/2019) kemarin.

Loading...
;

Tebay mengatakan, dalam kegiatan hunting tersebut komunitas juga melakukan pembersihan sampah plastik yang berada di lokasi air terjun Buper.

“Sangat diperlukan untuk mengetahui betapa penting untuk kita semua melestarikan air, karena perarian di sekeliling kita sangat diperlukan dalam melakukan kegiatan apapun dan untuk konsumsi,” katanya.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat dalam melestarikan air di lingkungan mereka masih kurang, sehingga sangat diperlukannya sosialisasi dan publikasi, sejumlah cara melestarikan air.

“Dengan melestarikan air di sekitar kita, maka sumber-sumber air seperti mata air menjadi bersih dan dapat digunakan oleh makhluk hidup. Selain itu, keuntungan tidak hanya bagi manusia itu sendiri ataupun makhluk hidup, tetapi juga bagi lingkungan kita yang akan menjadi bersih dan indah,” kata Whens.

Menurut Whens, komunitas memilih tema ini karena situasi lingkungan kita semakin tidak bersahabat dengan kita. Banyak terjadi banjir, longsor, debit air berkurang, penebangan dan pengundulan hutan, sampah plastik yang mulai banyak di Jayapura.

“Contohnya, kali Kamwolker yg dulunya banyak air, kini debit air semakin kurang. Danau Sentani yang dulunya bersih kini banyak sampah yang berhamburan di pinggiran danau, tanah yang seharusnya dijadikan aset buat anak cucu, terjual habis karena kemajuan penduduk,” kata Whens.

Sementara itu, Thedy Pekey yang juga ikut melakukan hunting foto dan pembersihan sampah plastik di air terjun Buper mengatakan, kegiatan positif seperti ini perlu ditingkatkan lagi agar memberikan kesadaran kepada kita semua tentang pentingnya menjaga alam Papua.

“Kegiatan seperti ini perlu dikembangakan, tidak hanya masalah lingkungan melainkan ekonomi, pendidikan dan kesehatan di tanah Papua,” harapnya. (*)

 

Reporter         : Agus Pabika

Editor              : Edho Sinaga 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top