Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Akses transportasi semakin lancar di Kepulauan Yapen

Kondisi terkini Jalan Lintas Yapen – kepyapenkab.go.id.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Serui, Jubi –   Warga Karoaipi saat ini semakin mudah berpergian ke Serui. Mereka bisa menggunakan bus Damri untuk menuju Ibukota Kepulauan Yapen tersebut.

Kemudahan akses transportasi itu menyusul rampungnya pengerjaan Trans Yapen ruas Randawaya-Karoaipi di Distrik Teluk Ampimoi. Walaupun belum beraspal, jalan sepanjang 9 kilometer tersebut sudah bisa dilewati bus.

“Kami ingin mempercepat pembangunan jalan, seperti ruas Serui-Menawi-Dawai, dan Randawaya-Teluk Ampimoi hingga Karoaipi. Tinggal lebih kurang 2 kilometer lagi jalan sampai di (tembus ke) Arareni,” kata Bupati Tonny Tesar, saat meninjau pembangunan jalan Trans Yapen, Kamis (21/11/2019).

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yapen, kepyapenkab.go.id, pembangunan sejumlah ruas jalan di daerah tersebut masih akan dilanjutkan pada tahun depan. Ada sekitar Rp15 miliar dialokasikan Pemerintah Papua untuk pengaspalan ruas Menawi-Saubeba-Dawai. Pembangunan sejumlah infrastrukur itu diharapkan memperlancar mobilisasi, sekaligus menekan biaya transportasi bagi warga yang hendak berpergian ke Kota Serui.

Loading...
;

Tidak hanya di daratan, akses dan mobilisasi melalui jalur udara juga bakal semakin mudah bagi warga Kepulauan Yapen. Maskapai Trigana Air berencana menambah frekuensi penerbangan dengan membuka rute baru ke Serui.

Berdasarkan kesepakatan dengan Pemkab Kepulauan Yapen, Trigana akan membuka rute penerbangan Serui-Nabire, dan Serui-Manokwari. Rute baru tersebut mulai diberlakukan pada akhir tahun ini, dengan layanan dua kali penerbangan setiap sepekan. Trigana Air selama ini hanya melayani rute Serui-Biak, dan Serui-Jayapura.

“Kota Serui semakin berkembangan sehingga transportasi udara menjadi kebutuhan mendesak. Pemkab telah menetapkan ketentuan tarif penerbangan agar terjangkau masyarakat,” kata Bupati Tesar. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top