HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Aktivitas Kota Sorong masih lumpuh total, massa dan polisi saling lempar batu

Aksi demonstrasi menolak rasisme di Kota Sorong – Jubi/ Charles Tawary, Aktivis Greenpeace Sorong.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Aksi anti rasisme yang digelar di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat berujung bentrok antar masyarakat dengan aparat Kepolisian/TNI, Selasa (20/08/2019).

Salah seorang warga Sorong yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, awalnya aksi berjalan baik. Namun ditengah aksi massa sempat dihadang oleh Brimob. Tak hanya itu, diduga ada oknum aparat yang memancing amarah massa.

“Kita demo hari ini menanggapi ujaran monyet terhadap orang Papua oleh warga Surabaya, awalnya aksi berjalan tertib. Namun setelah di lampu merah, ada oknum Brimob cari gara-gara kepada massa aksi begitu, jadi masyarakat marah dan emosi. Jadi di situ baku lempar sampai kepolisian menembak gas air mata. Maka masyarakat juga balas dengan melemparkan batu,” katanya pada Jubi melalui sambungan telepon seluler.

Hal yang sama disampaikan Charles  Tawary aktivis Greenpeace yang juga warga Sorong. Ia mengaku, awalnya aksi berjalan damai.

Loading...
;

“Tadi dibubarkan secara paksa karena aksi lempar-lempar tadi mulai jam 14.00 WP. Pas Walikota keluar untuk menyampaikan pernyataan kepada masyarakat, ada yang melakukan pelemparan-pelemparan di Walikota, seputaran Jhon, Ramayana,” kata Charles.

Menurutnya, blokade yang dilakukan menyebabkan aktivitas kota Sorong lumpuh total. Banyak kantor dan toko serta pusat pelayanan yang terpaksa tutup.

“Memang tidak ada yang buka kantor, toko, ataupun pusat-pusat pelayanan tidak ada yang buka tetapi semuanya tutup, penerbangan juga ditutup,” katanya.

Tawary mengatakan, rencananya aksi protes ini akan berlanjut sampai tanggal 21 Agustus 2019.

“Kita juga sudah pesan ke massa aksi dan pimpinan aksi untuk bisa mengarahkan massa lebih tertib dan mengarahkan massa lebih baik, tanpa ada tindakan-tindakan yang anarkis,” kata Tawary.(*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top