Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Alokasikan dana desa untuk cegah stunting

Pencegahan stunting pada anak – promkes.kemenkes.go.id

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wasior, Jubi – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama mendorong penggunaan dana desa untuk program peningkatan status gizi pada anak dan balita serta ibu hamil maupun menyusui. Diharapkan, ada anggaran khusus dialokasikan pemerintah kampung untuk program tersebut.

“Jadi, tolong dalam APBK (anggaran pendapatan dan belanja kampung) dianggarkan (program) pemberian makanan tambahan (untuk anak dan balita serta ibu hamil maupun menyusui),” kata Sekretaris Daerah Teluk Wondama Denny Simbar, Senin (4/11/2019).

Pemberian makanan tambahan tersebut perlu diprogramkan untuk mencegah kasus gizi buruk yang dapat mengakibatkan kekerdilan (stunting) pada anak. Karena itu, masyarakat juga harus berperan aktif mencegah stunting di Teluk Wondama.

“Kita pastikan anak-anak dan balita Teluk Wondama tidak terkena gizi buruk. Kalau masih ada gizi buruk, (peranan) pemerintah dan kita semua patut dipertanyakan,” tegas Simbar.

Loading...
;

Pencegahan stunting, menurutnya dapat dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana di lingkungan keluarga. Misalnya, penerapan pola hidup sehat dengan membiasakan mengonsumsi air bersih yang sudah dimasak hingga mendidih, dan menyuci tangan sebelum makan. Selain itu, mandi secara rutin dan mengonsumsi makanan bersih dan sehat.

“Harapan kami, keluarga bisa memberi pemahaman mengenai cara mendidik (mengasuh) anak dengan baik sehingga tidak mengalami gizi buruk. Itu (menjadi) tanggung jawab kita dalam menerapkan pola hidup sehat,“ kata Simbar.

Dia menambahkan gizi buruk dapat memengaruhi kualitas hidup dan sumber daya manusia. Masa depan anak bakal suram. “Anak-anak kita harus cerdas. Kalau (anak) kena  gizi buruk, sarafnya terganggu dan masa depannya akan suram.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top