Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Amandemen UU pertambangan Bougainville ditolak masyarakat

Pengajuan itu ditolak oleh pemilik-pemilik tanah di Panguna. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Arawa, Jubi – Usulan untuk amendemen UU tentang Pertambangan Bougainville (Bougainville Mining Act; BMA) ditolak mentah-mentah.

Pengajuan itu ditolak oleh pemilik-pemilik tanah di Panguna, mantan pejuang Bougainville, kelompok-kelompok anti pertambangan, Core Team yang beranggotakan sejumlah faksi politik, delapan anggota asosiasi Association Chairmen of the Mining Affected Areas termasuk asosiasi pemilik tanah khusus Special Mining Lease Osikaiyang Landowner Association (SMLOLA), dan masyarakat umum di Arawa, yang hadir saat konsultasi umum pertama mengenai usulan amandemen RUU yang baru. Konsultasi itu dilakukan antara Pemerintah ABG dengan pemilik-pemilik tanah, yang diadakan di gedung Arawa Youth Centre, Minggu kemarin (10/2/2019).

Ketua SMLOLA, Martin Miriori, berkata, “Tidak ada jawaban apa pun yang bisa membenarkan atau merasionalkan upaya untuk mencuri sumber daya mineral kami, dan merampas semua hak kami di bawah BMA.”

Presentasi Dewan Eksekutif Bougainville (Bougainville Executive Council; BEC) Pemerintah Otonom Bougainville (ABG) dilakukan oleh pemrakarsa rencana tersebut, Menteri Keuangan dan Perbendaharaan ABG, Robin Wilson, dan Departemen Pertambangan, dipimpin oleh Menteri Pertambangan, Raymond Masono.”

Loading...
;

Mengapa seperti ini? RUU-RUU itu sudah dirujuk ke komite peninjauan Legislative Review Committee, karena seharusnya mereka ditinjau dan dikonsultasikan secara independen, tetapi tidak ada yang independen di sini.”

Mereka sekarang tampaknya berusaha untuk melangkah lebih jauh lagi, sangat jelas bahwa pemilik tanah tidak akan memiliki kepentingan dalam perusahaan tambang itu. Pemerintah akan berhak memiliki semua saham, sama seperti seperti Kumul Holdings atau MRDC. Tetapi hukum kami dirancang dengan sangat cermat dan khusus, untuk mencerminkan keperluan dan sejarah unik Bougainville dan pemilik-pemilik tanahnya,” tambah Miriori.

Dalam presentasinya, Menteri Keuangan dan Perbendaharaan, Wilson, mengakui usulan SMLOLA kepada ABG itu baik, namun ia menerangkan bahwa pemerintah perlu membentuk suatu entitas bisnis melalui amandemen BMA, untuk mengurus dana yang akan masuk ke Pemerintah.

Miriori lalu menantang BEC untuk menjelaskan mengapa pemilik-pemilik tanah harus mendukung rencana mereka, kalau rencana itu akan menyangkal setiap hak yang menjadi dasar Perjanjian Perdamaian Bougainville, Konstitusi negara, dan otonomi mereka. (Post-Courier)

Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top