Anak jalanan di Kota Jayapura dapat biaya hidup

Anak jalanan di Kota Jayapura dapat biaya hidup

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sejumlah anak jalanan di Kota Jayapura untuk pertama kalinya mendapat bantuan dana dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada 2019.

"Tahun ini bantuan langsung kepada anak-anak jalanan berupa dana untuk biaya hidup sebanyak 13 orang," kata Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi, di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (29/1/19).

Dijelaskan, anak-anak jalanan yang  mendapatkan bantuan sudah diseleksi yang sudah ditentukan sesuai dengan kuota Kementerian Sosial.

"Nama-namanya sudah kami kirimkan. Semoga di Februari atau Maret 2019 kami sudah serahkan. Dana ini diberikan tiga bulan sekali, satu  anak mendapat Rp1 juta," ungkapnya.

Melalui bantuan dimaksud kata Irawadi, jika ada yang sekolah akan diberikan bantuan berupa peralatan sekolah, sedangkan yang tak mengenyam pendidikan Dinas Sosial setempat melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyekolahkan anak jalanan tersebut.

"Kami tetap mendampingi semua anak-anak jalanan di Kota Jayapura melalui pelatihan dan pembinaan supaya tidak tergantung obat-obatan dan melakukan tindakan  kriminal sehingga masa depannya menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Jayapura, Betty Pui mengatakan, anak jalanan harus mendapatkan perhatian dan pembinaan sehingga tidak kembali ke jalanan.

"Kota yang meningkat membuat orang akan datang ke Kota Jayapura untuk mencari kehidupan, apalagi kalau tidak mendadapat perhatian dari keluarganya sehingga menjambret dan memakai obat-obatan," jelasnya.

Pui memberikan apresiasi kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia yang sudah membantu dengan biaya hidup sehingga bisa meringankan beban perekonomian.

"Kalau bisa dilakukan secara bergantian agar semua anak jalanan di Kota Jayapura bisa mendapatkan bantuan agar tidak menimbulkan kecemburuan pada anak yang belum mendapatkan bantuan," tandasnya.

Menanggapi itu, Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Jayapura Bidang Infrastruktur dan Lingkungan, Otniel Deda mengatakan, dalam pemberian bantuan sosial, khususnya pemerintah Kota Jayapura harus memberikan keterangan bahwa sumber pendanaan berasal dari uang rakyat.

"Kami menyambut baik adanya bantuan sosial untuk anak-anak jalanan karena ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap masyarakat. Sudah menjadi tugas kami untuk mengawal semua proses pembangunan termasuk pendataan agar penyalurannya tepat sasaran," jelasnya. (*)

loading...

Leave a Replay

Leave a Comment

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

loading...