Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggaran akhir tahun DPR Papua berpotensi kembali ke kas daerah

Ilustrasi kantor DPR Papua – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggaran reses dan kunjungan kerja angggota DPR Papua yang dilantik pada 31 Oktober 2019 lalu, berpotensi dikembalikan ke kas daerah. Pimpinan sementara DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengatakan, pengembalian anggaran reses dan kunker  anggota DPR Papua ke kas daerah dilakukan jika lembaga dewan belum memiliki pimpinan definitif hingga pada akhir tahun.

“Kalau misalnya pelantikan pimpinan defintif dilakukan pada Januari 2020, berarti tahun ini anggota dewan tidak reses dan kunker. Dananya dikembalikan ke kas daerah,” kata Jhony Banua Rouw.

Ia menjelaskan, sesuai aturan para anggota dewan tidak dapat melakukan reses, kunker dan perjalanan dinas ke luar daerah jika lembaga DPR Papua belum memiliki pimpinan definitif. Ini karena pimpinan sementara tidak berhak menandatangani surat perintah tugas (SPT) dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) para anggota dewan. Kewenangan tersebut merupakan ranah pimpinan definitif.

“Kami berharap sebelum libur Natal pimpinan definitif sudah ada agar para anggota dewan bisa melakukan reses ke daerah pemilihannya,” ujarnya.

Jhony Banua Rouw berharap DPR Papua segera memiliki pimpinan definitif agar lembaga dewan dapat maksimal dalam melakukan tugas pokok dan fungsinya.

Loading...
;

“Kalau tak ada pimpinan definitif lembaga dewan ini stagnan dan itu dapat menggangu pelaksanaan pemerintahan,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap pelantikan pimpinan definitif DPR Papua dilakukan secepatnya meski kemungkinan ia tak dapat hadir karena akan berencana berangkat ke New Zealand dalam waktu dekat.

“Saya hadir atau tidak, tidak apa. Silahkan tetap dilantik. Dia (calon pimpinan definitif DPR Papua) adalah anak Papua juga. Kenapa mesti dipersoalkan,” kata Lukas Enembe sehari sebelumnya.(*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top