Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggaran meningkat, pengelolaan sampah stagnan

Tumpukan sampah di tempat umum di Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengelolaan sampah kembali mendapat sorotan di Kabupaten Jayapura. Walaupun anggarannya meningkat, penanganan sampah dianggap masih belum optimal.

“Tumpukan sampah masih dijumpai di jalan-jalam utama (protokol). Di lorong maupun kompleks perumahan juga masih terdapat banyak sampah,” kata Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika DPRD Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat, Kamis (23/1/2020).

Wagus mengatakan anggaran untuk Dinas Lingkungan Hidup Jayapura telah dinaikkan. Karena itu, petugas kebersihan seharusnya bisa lebih efektif bekerja. “Lengkapi fasilitas penunjang dan libatkan masyarakat setempat.”

Wagus juga menyoroti layanan penerangan jalan umum. Beberapa komplek permukiman,  seperti Perumahan BTN Purwodadi, dan Marwah Indah tidak memiliki fasilitas penerangan jalan. Kondisi itu dapat memicu kerawanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Lampu jalan sangat penting, dan pos kamling (keamanan lingkunga) juga harus ada di setiap perumahan. Hasil reses ini sudah kami sampaikan dalam pokok pikiran dewan untuk dijadikan bahan kerja (masukan) bagi pihak eksekutif (pemerintah daerah),” jelasnya.

Kepala DLH Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro pernah mengatakan mereka menyiagakan satuan tugas untuk menangani kebersihan di lingkungan permukiman warga. Ketua RT juga telah dijadikan sebagai koordinator dalam menyiapkan tempat pembuangan sementara sampah di lingkungan masing-masing. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top