Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggota DPRP dari kursi pengangkatan harus dilantik tahun ini

Suasana rapat Bapemperda Dewan Perwakilan Rakyat Papua bersama mitra – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Papua atau Bapemperda DPRP, Thomas Sondegau ingin 14 anggota DPRP yang dipilih melalui mekanisme pengangkatan dapat dilantik bersama-sama para calon anggota legislatif terpilih hasil Pemilihan Umum 2019. Pelantikan para calon anggota legislatif terpilih untuk DPRP akan dilakukan pada Oktober 2019.

Hingga kini, rekrutmen calon anggota DPRP dari kursi pengangkatan itu terkendala belum rampungnya proses perubahan/revisi atas Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Perdasus Provinsi Papua Nomor 6 Tahun 2014 tentang Keanggotaan DPRP yang Ditetapkan Melalui Mekanisme Pengangkatan Periode 2014 – 2019 (Perdasus 14 Kursi Pengangkatan). Jika anggota DPRP dari kursi pengangkatan itu belum bisa dilantik pada Oktober, Sondegau menyatakan mereka harus sudah dilantik pada Desember 2019.

“Jangan lagi lewat dari tahun ini. Jangan seperti periode 2014-2019, anggota 14 kursi DPR Papua baru dilantik jelang akhir 2017,” kata Thomas Sondegau, Minggu (23/6/2019).

Menurut Thomas Sondegau, Bapemperda DPRP bersama eksekutif dan pihak terkait lain sedang membahas revisi Perdasus 14 Kursi Pengangkatan. Revisi yang kini sedang dibahas itu merupakan revisi kedua Perdasus 14 Kursi Pengangkatan, sejak Perdasus Nomor 7 Tahun 2016 berlaku.

Loading...
;

Salah satu meteri revisi Perdasus 14 Kursi Pengangkatan itu adalah mekanisme dan  tahapan rekrutmen anggota 14 kursi pengangkatan, dengan meringkas proses dalam tahapan rekrutmen. Sondegau menyebut kemungkinan proses verifikasi calon anggota DPRP yang kini dilakukan panitia seleksi tingkat kabupaten/kota dialihkan kepada panitia seleksi tingkat Provinsi Papua.

“Mekanisme ini yang akan diubah agar waktu tahapan rekrutmen lebih efisien. Akan dilihat, apakah pendaftaran dan verifikasi calon dari setiap kabupaten/kota langsung dilakukan pansel dapeng setiap wilayah adat kemudian diserahkan ke pansel provinsi, ataukah pendaftaran dan verifikasi langsung ke pansel provinsi,” ujarnya.

Jika seluruh materi revisi telah disepakati oleh Bampemperda DPRP dan eksekutif, rancangan Perdasus 14 Kursi Pengangkatan yang baru akan diajukan kepada Badan Musyawarah Dewan untuk mendapat persetujuan. Jika Badan Musyawarah Dewan menyetujui rancangan perdasus itu, DPRP akan menjadwalkan sidang paripurna mengesahkan rancangan itu.

“Kalau sudah disahkan, perdasus itulah yang jadi acuan rekrutmen anggota 14 kursi DPRP dari sistem pengangkatan. Perdasus itu juga akan mengatur tugas-tugas mereka, berikut masalah pembiayaannya,” ucapnya.

Anggota Bapemperda DPRP lainnya, John NR Gobai mengatakan pihaknya dalam pembahasan bersama mitra terkait telah bersepakat untuk memprioritaskan pembahasan revisi Perdasus 14 Kursi Pengangkatan.  “Ini karena waktu yang semakin sempit, karena tahapan rekrutmen anggota DPRP dari kursi pengangkatan kemungkinan dimulai Juli atau Agustus 2019,” kata John Gobai.

Tahapan rekrutmen 14 anggota DPRP dari kursi pengangkatan menurut Gobai harus segera dijalankan agar 14 anggota DPRP dari mekanisme pengangkatan itu bisa dilantik bersama-sama caleg terpilih hasil Pemilu 2019 pada Oktober 2019 mendatang.  “Perdasus 14 Kursi Pengangkatan ini yang akan mengatur tata cara dan tahapan rekrutmen, persyaratan, hingga tempat pendaftaran calon anggota DPRP 14 kursi pengangkatan,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top