HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggota DPRP: pembangunan arena PON belum terlihat

Stadion Papua Bangkit (SPABA) yang merupakan venue utama pembukaan PON XX tahun 2020 mendatang – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Anggota komisi bidang infrastruktur Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Thomas Sondegau menyatakan perkembangan pembangunan arena Pekan Olahraga Nasional atau PON XX/2020 di Papua belum juga terlihat. Kemajuan pembangunan stadion utama PON Papua, Stadion Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura tidak dapat dijadikan tolok ukur kesiapan sarana PON, karena PON harus diselenggarakan di 5 wilayah berbeda.

Sondegau mengingatkan penyelenggaraan PON XX/2020 akan rumit karena diselenggarakan di lima klaster wilayah terpisah jauh. Ia menyatakan kemajuan pembangunan arena PON XX/2020 di klaster Jayapura akan selalu dijadikan ukuran untuk memperkirakan kemajuan pembangunan arena di empat klaster penyelenggara PON lainnya-yaitu Merauke, Biak, Timika dan Jayawijaya.

Akan tetapi, perkembangan pembangunan arena di klaster Jayapura hingga Jumat (24/5/2019) tidak terlihat. Gedung Olahraga Cenderawasih yang hingga kini belum direnovasi, begitu pula dengan Stadion Mandala Jayapura. Padahal, Pemerintah Provinsi Papua sudah menganggarkan dana Rp80 miliar untuk merenovasi Stadion Mandala dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua 2019.

“Waktu semakin mepet menuju 2020. Kalau sarana (dan arena) PON yang didepan mata (yang ada di klaster Jayapura) saja belum dibenahi, bagaimana dengan (arena PON) yang ada di (klaster) lainnya?,” kata Sondegau, Jumat (24/5/2019).

Loading...
;

Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pekerjaan Umum dan organisasi perangkat daerah terkait diharapkan lebih serius menyiapkan arena PON. Sondegau menekankan agar Pemerintah Provinsi Papua tidak berpuas diri karena pembangunan stadion utama PON Papua, Stadion Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura sudah memasuki tahap akhir.

“Organisasi perangkat daerah atau OPD harus bergerak dan mengambil sikap. Jangan semua-semua tunggu Gubernur Papua. Gubernur Papua sibuk, tidak hanya mengurus PON saja, namun juga mengurus semua masalah masyarakat Papua. Gubernur sudah menunjuk pimpinan OPD, dan pimpinan OPD harus membantu tugas Gubernur menyiapkan PON,” kata Sondegau.

Ketua Harian Panitia Besar PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, pihaknya tetap fokus mendorong penyelesaian arena PON. Wonda menyatakan seluruh proses pembangunan arena PON terus mengalami kemajuan. Wenda juga menyatakan pihaknya dan Pemerintah Provinsi Papua terus menyiapkan pelayanan transportasi, konsumsi, dan akomodasi bagi seluruh atlet dan ofisial dari seluruh kontingan peserta PON XX/2020 di Papua.

“Kami pasti akan terus dorong. Kami harap 2019 semua pembangunan fisik arena rampung tahun ini. Kalau pun berlanjut hingga tahun depan, itu tinggal penyelesaiannya saja. Tidak lagi pembangunan fisik karena tahun itu fokus persiapan penyelenggaraan,” kata Yunus Wonda. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top