Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggota DPRP usul bus khusus pelajar dan mahasiswa diaktifkan lagi

Taksi di Kota Jayapura, Papua. -Jubi Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, John NR Gobay, meminta Pemerintah Provinsi Papua kembali menganggarkan subsidi angkutan umum bagi pelajar dan mahasiswa di Kota Jayapura. Subsidi itu dibutuhkan untuk meringankan beban masyarakat kecil di Papua.

Hal itu disampaikan Gobay di Jayapura, Kamis (28/3/2019). Menurutnya, sejak tahun 2003 Pemerintah Provinsi Papua selalu menganggarkan subsidi angkutan umum bagi pelajar dan mahasiswa. Akan tetapi subsidi itu dihentikan pada tahun 2011 karena kasus korupsi.

“Dulu pejalar dan mahasiswa di wilayah Kota Jayapura, hanya membayar Rp1.000 saat menggunakan jasa bus Damri, sedangkan biaya senilai Rp2.000 disubsidi pemerintah,” katanya.

Gobay mengatakan, selalu transportasi ini menjadi keluhan masyarakat kecil. “Sarana transportasi ini menjadi keluhan masyarakat kecil, para pedagang dan petani asli Papua, pelajar, dan mahasiswa selama ini,” katanya.

Loading...
;

Menurutnya, kini pelajar dan mahasiswa di Kota Jayapura yang bersekolah atau berkuliah di wilayah Abepura harus membayar angkutan umum seharga Rp5.000 untuk satu kali perjalanan. “Makanya saya mohon ada perhatian untuk pelajar dan mahasiswa. Harus ada bus bagi pelajar dan mahasiswa, dengan membuka kembali jalur perjalanan bus dari dari Pasir II hingga Kampus Uncen di Perumnas III, Waena,”katanya.

Akan tetapi, salah seorang supir angkot Mulyadi mengatakan nasib para sopir taksi di Jayapura akan terlantar jika bus bersubsidi kembali beroperasi. “Artinya  kami mau mencari kebutuhan sehari-hari bagaimana kalau bis dioperasikan? Kalau bus bisa mengangkut penumpang dengan jumlah banyak dan dengan ongkos murah, otomatis (nasib) kami terancam,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top