Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Anggota MRP tanggapi skeptis Provinsi Papua Selatan

Ilustrasi pemekaran Papua – dok Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pendapat pro-kontra masih terus bergulir terhadap rencana pembentukan Provinsi Papua Selatan. Pihak yang kontrapemekaran tersebut kembali menegaskan pembentukan Papua Selatan hanya insiatif dari pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Masyarakat sebenarnya tidak mendukung upaya tersebut.

“MRP telah bertemu Wakil Presiden Ma’aruf Amin. Wapres menyatakan tidak ada pemekaran (wilayah) karena moratoriumnya belum dicabut,” kata anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Albert Mouywen kepada Jubi melalui telepon, Selasa (10/12/2019).

Mouywen mengatakan MRP hanya memberi pertimbangan dan bukan memutuskan usulan pembentukan Provinsi Papua Selatan. Ada banyak hal yang menjadi dasar pertimbangan mereka. Itu, di antaranya kesiapan sumber daya manusia pada Orang Asli Papua (OAP), aspek pemberdayaan masyarakat, dan pemenuhan hak-hak dasar warga.

“Juga dibutuhkan data valid mengenai OAP di Papua Selatan. Saya kira itu penting untuk dijadikan acuan dan bahan kajian,” ujar Mouywen.

Dia mengaku pembentukan Provinsi Papua Selatan bukan inisiatif presiden maupun wakil presiden. Rencana itu hanya berlandaskan kepada kepentingan kelompok tertentu.

Loading...
;

“Ibarat umpan kecil dibuang, ikan besar mulai saling baku rampas (berebutan). Saya masih tetap pesimistis (skeptis) terhadap pembentukan Provinsi Papua Selatan,” kata Mouywen.

Cendekiawan Marind Harry Ndiken menegaskan dia juga tetap menolak pembentukan Provinsi Papua Selatan. Alasannya, sumber daya manusia pada OAP belum dipersiapkan secara matang.

“Kalau tetap dipaksakan, dipastikan terjadi eksodus (migrasi) besar-besaran dari luar Papua. Lalu, OAP hanya menjadi penonton di negeri sendiri,” kata Ndiken. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top