Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Angkatan kerja di Papua harus punya motivasi bekerja dan berwira usaha

Infografis keadaan tenaga kerja di Papua. – BPS Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta angkatan kerja di Papua untuk memiliki motivasi dalam bekerja dan mewujudkan peluang usaha. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Papua, Yan Piet Rawar di Jayapura, Minggu (24/11/2019).

Rawar mengatakan Bumi Cenderawasih memiliki lahan yang sangat subur yang tinggal ditanami dan menghasilkan uang. Untuk itu, harus benar-benar dimanfaatkan. Namun, dirinya mengaku heran masih ada angkatan kerja yang tidak melihat peluang itu, sehingga apa yang ada menjadi tidak berarti.

“Kita lihat saja tenaga kerja dari luar Papua banyak yang berhasil. Itu karena mereka memiliki motivasi dan mau kerja apa saja,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya melihat ini menjadi tugas penerintah untuk menjembatani dan memfasilitasi agar pola pikir para angkatan kerja Papua berubah. “Kita harus bisa melihat peluang yang ada. Jangan hanya tinggal diam, akhirnya tertinggal jauh,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Papua Bagas Susilo, mengatakan sektor pertanian masih menjadi sumber utama mata pencaharian penduduk Provinsi Papua. Pada Agustus 2019, penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian sebesar 67.73 persen dari jumlah seluruh penduduk yang bekerja. “Dominannya sektor pertanian masih belum bisa digeser oleh sektor lainnya,” kata Bagas.

Loading...
;

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian pada Agustus 2019 ini sedikit mengalami penurunan bila dibandingkan Agustus 2018. “Pada Agustus 2019 tenaga kerja di sektor pertanian turun 0,02 persen dari 67,75 persen di tahun 2018,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top