Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Antisipasi dampak pencemaran laut Papua Nugini, DKP pantau ikan tangkapan di Hamadi

Peta Papua hingga lokasi perairan laut di Basamuk, Madang, Papua Nugini. – Google Maps

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perikanan dan Kelautan atau DKP Kota Jayapura pada Senin (18/11/2019) terus memantau kondisi ikan tangkapan nelayan di Pelabuhan Pendaratan Ikan Hamadi, Jayapura, Papua. Sejumlah sampel ikan tangkapan itu akan diuji di laboratorium, untuk memastikan ada tidaknya dampak tumpahan limbah nikel di Madang, Papua Nugini, terhadap daerah penangkapan atau fishing ground nelayan Jayapura.

Kepala DKP Kota Jayapura, Martheys Sibi mengatakan hingga Senin pihaknya masih menunggu klarifikasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. “Namun sejauh ini dari pengamatan di Pelabuhan Pendaratan Ikan atau PPI Hamadi masih normal. Aktivitas penangkapan di lokasi penangkapan (fishing ground) para nelayan Kota Jayapura belum terkena dampak,” katanya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Senin (18/11/2019).

Sibi menyatakan hingga Senin nelayan terus membawa hasil tangkapan untuk dipasarkan di PPI Hamadi, dan kondisi ikan tangkapan itu normal. “Namun kami tetap memantau perkembangan dari dampak nikel ini sambil menunggu tindak lanjut dari KKP-RI di Jakarta,” kata Sibi.

Ia menyatakan pemantauan kondisi ikan yang mendarat di PPI Hamadi akan dilanjutkan sambil menunggu uji laboratorium atas sejumlah sampel ikan tangkapan nelayan di PPI Hamdi. “Jika ada keluhan dari nelayan, ikannya akan bawa ke laboratorium, untuk diuji. Kami telah berkomunikasi dengan Balai Karantina Ikan dan Pengujian Mutu KKP di Sentani untuk menguji beberapa sampel ikan tangkapan nelayan,” kata Sibi.

Loading...
;

Sebelumnya dilaporkan perairan laut di Basamuk, Madang, Papua Nugini tercemari tumpahan limbah pertambangan nikel Ramu. Sebuah laporan yang diumumkan Dr Alex Mojon menyebutkan pencemaran limbah tambang Nikel Ramu milik perusahaan China itu menyebabkan ikan mati di sekitar laut Madang.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top