Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

AS setujui pembelian senjata Rp31 triliun Taiwan

Ilustrasi, pixabay.com

Persetujuan diberikan meski ada keberatan dari China soal kesepakatan tersebut.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Washington, Jubi– Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menyetujui kemungkinan pembelian persenjataan oleh Taiwan senilai 2,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp31 triliun. Persetujuan diberikan meski ada keberatan dari China soal kesepakatan tersebut.

Persenjataan yang akan dibeli oleh Taiwan berupa tank M1A2T Abrams, peluru kendali Stinger serta peralatan-peralatan terkait.

Baca juga : Iran sebut senjata AS ubah Timur Tengah jadi tong mesiu

Loading...
;

Selandia Baru luncurkan program pembelian kembali senjata

Ini kata Trump jika Korut masih punya senjata nuklir

Kementerian Luar Negeri China mengatakan benar-benar prihatin soal penjualan senjata oleh AS kepada Taiwan. China mendesak AS untuk menghentikan tindakan tersebut agar hubungan kedua negara tidak terganggu.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan-Dephan AS (DSCA) mengatakan dalam pernyataan bahwa penjualan persenjataan, atas permintaan Taiwan, itu tidak akan mengubah keseimbangan dasar militer di kawasan tersebut.

Taiwan meminta AS untuk menjual kepadanya antara lain 108 tank M1A2T Abrams buatan General Dynamics Corp serta 250 rudal Stinger. DSCA pada Senin kemarin memberi tahu Kongres soal kemungkinan penjualan senjata tersebut.

Menurut DSCA, persenjataan yang kemungkinan dibeli Taiwan juga berupa senapan mesin, amunisi, kendaraan lapis baja Hercules untuk memperbaiki tank-tank yang tak berfungsi serta kendaraan pengangkut peralatan berat.

Amerika Serikat menjadi pemasok utama persenjataan bagi Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsinya yang berkhianat.

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen pada Maret mengatakan Washington telah memberikan tanggapan positif terhadap permintaan Taipei untuk membeli persenjataan baru agar dapat meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam menghadapi tekanan dari China.

AS tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan namun terikat secara hukum untuk membantu Taiwan untuk mempertahankan diri. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top