Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Asosiasi Bupati Se-Meepago dibentuk

Dari kiri, Wakil Bupati Deyai, Hengki Pigai. Bupayti Paniai, Meki Nawipa. Wakil Bupati Paniai, Bupati Isaias Douw, dan Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Para Bupati se-wilayah Meepago berkumpul dan membentuk satu wadah yang diberi nama, Asosiasi Bupati Se-Meepago.

Organisasi ini terdiri dari Bupati Mimika, Intan Jaya, Paniai, Deyai, Dogiyai dan Nabire. Namun dalam pertemuan di Nabire, Rabu malam (06/03/2019) itu ada beberapa Bupati yang belum sempat hadir. Seperti Bupati Mimika, Intan Jaya dan
Deiyai, karena sibuk.

“Tujuan terbentuknya asosiasi adalah tak lain untuk menyatukan program – program dari masing – masing Pemkab. Ini adalah kerinduan kami yang sudah terjawab,” ujar Bupati Nabire, Isaias Douw yang ditunjuk sebagai koordinator usai mereka melakukan rapat tertutup.

Menurut Douw, ada beberapa program bersama yang bermanfaat langsung dan  bisa dirasakan semua daerah.

“Ya, seperti Bandara, pelabuhan, rumah sakit dan pendidikan. Nanti ada program yang harus kita selesaikan bersama. Ada yang diselesaikan masing-masing daerah. contohnya Pelabuhan Nabire, Lapangan Terbang Internasional sebab Nabire pintu masuk,” katanya.

Loading...
;

Untuk program bidang kesehatan, menurutnya perlu rumah sakit rujukan. Sebab selama ini banyak pasien dari luar Nabire yang berobat. Sehingga, sarana dan prasarananya harus dilengkapi, termasuk petugasnya.

Juga termasuk pengawasan Miras dan Narkoba. Asosiasi ini akan membentuk tim terpadu, bekerja sama dengan pihak keamanan.

“Miras dan Narkoba tentu lewat Nabire. Akan ada tim bersama pemerintah, Pol PP, TNI Polri, kita akan cek dan basmi peredarannya. Termasuk izin – izin miras yang akan berakhir April nanti, tidak akan ada perpanjangan,” ujarnya.

Disinggung terkait dukungan untuk para bupati Meepago untuk salah satu kandidat calon Presiden, Bupati Isaias bilang belum ada pembicaraan ke arah sana. Tapi dia yakin, saat hari H nanti, semua hal bisa terjadi.

“Belum ada pemikiran ke situ, kami tapi segala kemungkinan bisa terjadi. Kita tunggu hari H-nya saja,” katanya.

Adapun pertemuan rutin Asosiasi Bupati se-wilayah Meegapo, akan dilakukan tiap enam bulan sekali. “Enam bulan ketemu untuk bahas agenda – agenda yang akan dilakukan. Dan saat ini, intinya bersatu dulu sebagai langkah awal,” katanya.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nabire, Norbertus Mote mengapresiasi pertemuan tersebut. Menurut Dia, ini ide terbaik sebab selama ini pemerintahan di wilayah itu tersekat kepentingan dan ego  sektoral masing – masing.

“Kebersamaan adalah awal mulainya sebuah pekerjaan yang besar untuk pembangunan di Daerah Meepago,” ujarnya.

Dirinya juga berharap asosiasi ini harus betul -betul melakukan tindakan nyata untuk masyarakat Meepago. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top