Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Aspirasi mahasiswa Papua sudah ditindaklanjuti Presiden

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menerima pengunjukrasa anti rasisme pada 19 Agustus 2019. – Dok. Humas Pemprov Papua.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Aspirasi mahasiswa yang melakukan aksi demo damai pada tanggal 19 Agustus 2019 lalu sudah dibawa oleh Gubernur Papua Lukas Enembe ke Jakarta dan diterima langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini dikatakan Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Setda Papua, Muhammad Musaad kepada wartawan, Senin (2/9/2019) di Kantor Gubernur.

Menurut Musaad, aspirasi yang disampaikan para mahasiswa pada aksi demo beberapa waktu lalu sudah dijawab oleh Pemerintah Pusat dengan menetapkan sejumlah tersangka yang telah melakukan tindakan rasisme terhadap para mahasiswa di Surabaya dan Malang.

“Gubernur saat ini sedang berada di luar Papua tepatnya di Jakarta untuk bertemu dengan Pak Presiden untuk menyampaikan aspirasi masyarakat pada demo tanggal 19 Agustus, dan sudah disampaikan ke tangan presiden,” katanya.

Loading...
;

Musaad pun menyayangkan aksi demo susulan yang tujuannya juga sama yaitu soal rasisme, namun aksi demo pada Kamis (29/8/2019) tersebut berujung anarkis.

“Sangat disayangkan ada lagi demo susulan padahal aspirasi sudah disampaikan,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap masyarakat Papua khususnya masyarakat Kota Jayapura memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk menjawab semua aspirasi yang telah disampaikan..

“Semua persoalan tidak secepat membalikkan telapak tangan untuk dijawab. Butuh kajian untuk nanti diberikan jawaban, apa dan bagaimana solusinya. Jadi kita harus menahan diri. Kasus di Surabaya dan Malang sudah diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Tersangkanya juga sudah ada. Kami berharap semua pihak menahan diri dan berikan kepercayaan kepada pimpinan kita untuk menyelesaikan segala aspirasi yang telah disampiakan,” katanya.

Intinya kata Musaad, dalam situasi seperti ini harus tampil didepan adalah pihak keamanan dimana Kapolri dan Panglima TNI akan datang ke Papua dan berkantor di Papua untuk sementara waktu, dan dalam waktu dekat juga,  Gubernur Papua akan ada di Papua karena tanggal 6 September 2019 akan ada pelantikan Bupati Mimika.

“Rekonsiliasi sudah dilakukan oleh pak Wagub, dimana sudah bertemu dengan masyarakat, Panglima dan Kapolda. Pemerintah ini adalah satu kesatuan, jadi kehadiran Kapolri dan Panglima TNI adalah representase dari kehadiran pemerintah di tanah Papua. Ini adalah penanganan bersama. Jangan ada pengkotak-kotakan,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe telah mengeluarkan seruan menyikapi perkembangan situasi keamanan di Jayapura, ibukota Provinsi Papua, khususnya yang berkaitan dengan unjukrasa anti rasisme pada Kamis (29/8/2019) yang berkembang menjadi amuk massa.

Gubernur Papua Lukas Enembe meminta seluruh masyarakat di Papua menjaga ketertiban dalam melaksanakan unjukrasa, dan tidak melakukan tindakan anarkis.

“Saya mengimbau agar masyarakat Papua selama menyampaikan pendapat tidak merusak fasilitas umum, kantor pemerintah, dan bangunan milik masyarakat,” tukas Lukas Enembe dalam Surat Imbauan Gubernur Papua tertanggal 1 September 2019 yang ditandatangani di Jakarta itu.

Enembe menegaskan ia telah menyampaikan seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat Papua dalam unjukrasa anti rasisme pada 19 Agustus 2019 lalu kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya sebagai kepala daerah dan kepala pemerintahan di Propinsi Papua saya telah menyampaikan aspirasi masyarakat Papua kepada bapak Presiden RI pada tanggal 26 Agustus 2019,  saat Rapat kabinet terbatas,” tulis Enembe.

Dalam surat imbauan itu, Gubernur Lukas Enembe meminta pemerintah segera menyelesaikan kasus hukum berkaitan dengan penyataan berbau rasis yang di ucapkan oleh oknum masyarakat atau oknum aparat saat berada di Asrama Mahasiswa Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top