Australia dan PNG tanda tangani perjanjian pangkalan AL Lombrum

Australia dan PNG tanda tangani perjanjian pangkalan AL Lombrum

Anggota angkatan laut Australia saat memindahkan pencari suaka asal Afganistan Agustus 2012. – RNZI/ AFP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Canberra, Jubi – Papua Nugini dan Australia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU), mengenai rencana bersama mereka untuk kembali membuka pangkalan angkatan laut di Pulau Manus, PNG.

Inisiatif bersama Lombrum Joint Initiative ini ditandatangani di Canberra, oleh pejabat resmi bidang pertahanan dari Australia dan Papua Nugini, di hadapan kepala pasukan pertahanan masing-masing negara.

Perjanjian ini merealisasikan pengumuman bersama perdana menteri kedua negara, Peter O’Neill dan Scott Morrison, pada November tahun lalu. Selagi KTT APEC di PNG November lalu, Amerika Serikat juga mengisyaratkan minta untuk bergabung dengan inisiatif tersebut.

Setelah acara penandatanganan ini, Menteri Pertahanan PNG, Trevor Meauri, menerangkan MoU itu akan membantu mengarahkan kerja sama antara PNG dan Australia dalam membangun kembali fasilitas di pangkalan angkatan laut Lombrum, Manus. Menurutnya, inisiatif itu akan meningkatkan interoperability antara kedua kesatuan, serta membuka peluang yang lebih besar untuk pelatihan dan kegiatan bersama.

Meauri menegaskan perjanjian itu akan meningkatkan kompetensi angkatan bersenjata PNG, dalam menjalankan tugasnya untuk melindungi perbatasan PNG dan sumber daya maritim, melalui berbagai program termasuk mentoring, pelatihan khusus, dan pembangunan infrastruktur.

“Baru-baru ini kita membeli sejumlah kapal patroli kelas Guardian untuk angkatan laut kita,” kata Meauri. “Kita harus memperbaiki fasilitas kita untuk mengakomodasi kapal-kapal modern yang lebih besar ini. Perbaikan ini akan kita lakukan di bawah MoU ini, di Lombrum.” (RNZI)

 


Editor: Kristianto Galuwo

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)