Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Australia lacak kapal perang China

Ilustrasi, pixabay.com

Kapal pengintai China kemungkinan menuju pantai timur laut Australia untuk melihat langsung latihan militer tersebut.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sydney, Jubi – Sejumlah pejabat pertahanan Australia, mengatakan sedang melacak sebuah kapal pengintai China yang diperkirakan bakal menempati posisi di luar perairan teritorialnya untuk mengawasi latihan militer antara Australia dan Amerika Serikat.

Sekitar 25.ribu personel militer Australia dan AS berada di kapal perang yang dilengkapi dengan pesawat-pesawat tempur. Mereka akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan Talisman Sabre, yang diadakan setiap dua tahun.

Berita terkait : Usai kunjungan mendadak, kapal perang China tinggalkan Sydney

Loading...
;

Hambat pengaruh China, AS dan sekutunya akan perluas pangkalan laut di Pasifik

Keberadaan Radio Australia penting di Pasifik

Kepala operasi gabungan Angkatan Bersenjata Australia, Letnan Jenderal Greg Bilton, menyatakan kapal pengintai China kemungkinan menuju pantai timur laut Australia untuk melihat langsung latihan militer tersebut.

“Kami sedang melacaknya. Kami belum mengetahui tujuan mereka namun kami berasumsi bahwa kapal tersebut akan menuju pantai laut Queensland dan kami akan mengambil langkah yang tepat,” kata Bilton, Senin, (8/7/2019).

Tercatat hubungan antara Amerika Serikat dan China memanas dalam beberapa bulan terakhir di tengah perang dagang dan keangkuhan China di Pasifik, yang dikemas dengan pendirian pulau buatan oleh Beijing di Laut China Selatan bersengketa.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, yang kaya dengan sumber daya alam dan merupakan jalur transaksi perdagangan senilai 5 triliun dolar AS setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan juga mengklaim kepemilikan di jalur perairan tersebut. (*)
Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top