HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Awal 2019, Uang Tidak Layak Edar di Papua Rp443,84 miliar

Awal 2019, Uang Tidak Layak Edar di Papua Rp443,84 miliar

Ilustrasi – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jumlah Uang Tidak Layak Edar (UTLE) yang dimusnahkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua pada triwulan laporan (Januari-Maret 2019) sebesar Rp443,84 miliar, naik 210,42% (yoy) dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun lalu yang mencapai Rp142,98 miliar.

Jumlah UTLE ini dilaporkan dalam Laporan Perekonomian Provinsi Papua edisi Mei 2019 yang dirilis oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua. Laporan ini mencakup kondisi perekonomian Triwulan I (Januari – Maret 2019). Pemusnahan UTLE tersebut merupakan bagian dari kebijakan Clean Money Policy, yaitu upaya Bank Indonesia untuk menjaga kualitas uang yang beredar di tengah masyarakat.

Dalam laporan tersebut, disebutkan secara rutin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua melakukan pemusnahan UTLE menggunakan prinsip good governance.

Selain melakukan pemusnahan UTLE, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua juga melaksanakan kebijakan kas keliling yang terdiri dari kas keliling dalam kota yang rutin diadakan dua kali seminggu di empat tempat di kota Jayapura, serta kas keliling luar kota yang dilakukan diseluruh kabupaten di Provinsi Papua.

Selama triwulan I 2019, kegiatan kas keliling yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengalami penurunan. Selama triwulan I 2018 kas keliling dilakukan sebanyak 44 kali sedangkan pada triwulan I 2019 kas keliling yang dilaksanakan sebanyak 42 kali.

Selain dalam bentuk kas keliling, distribusi uang di luar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua juga dilakukan dalam bentuk kas titipan. Hingga saat ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah membuka tujuh lokasi kas titipan, yakni di Kota Sorong, Kabupaten Merauke, Mimika, Biak Numfor, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, dan Nabire. Tujuan pembentukan kas titipan adalah untuk melayani tingginya kebutuhan uang layak edar di seluruh wilayah Provinsi Papua.  (*)

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)