Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Badan legislatif Kepulauan Mariana siap pangkas alokasi dana

Gubernur Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara (CNMI), Ralph Torres . – RNZI/ Kantor Gubernur Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Saipan, Jubi – Anggota-anggota Dewan Legislatif ke-21 Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara (CNMI), mulai bersiap-siap untuk memotong alokasi dana mereka masing-masing sebagai tanggapan atas instruksi Gubernur Ralph Torres, untuk memotong anggaran belanja negara secara menyeluruh.

Gubernur itu, dalam suratnya kepada juru bicara, Blas Jonathan Attao, dan Presiden Senat Victor Hocog, memerintahkan bahwa anggaran pemerintah untuk tahun fiskal 2020 yang telah ditetapkan sebelumnya, sebesar $ 148,8 juta, harus dikurangi 28,3 %, sehubungan dengan turunnya kedatangan turis karena virus corona.

Jubir Attao menerangkan bahwa gubernur telah menggunakan kekuasaan daruratnya untuk menerapkan pemotongan anggaran pada tiga cabang pemerintah.

Ketua Fraksi John Paul Sablan, menyatakan bahwa setiap anggota DPR telah mengambil inisiatif untuk memotong anggaran yang dialokasikan kepada mereka, khususnya untuk sewa kendaraan, bahan bakar, perlengkapan kantor, dan biaya operasional lainnya.

“Kita sekarang sedang bersiap untuk melakukan pemotongan anggaran belanja. Kita sudah mulai melakukan penyesuaian dan menunda semua pembelian yang sudah dimulai, sebelum surat pemotongan anggaran gubernur dikeluarkan,” jelas Sablan.

Namun, tambahnya, ia tidak yakin jika mereka bisa menurunkan gaji mereka, yang sudah dikurangi 20 % tahun lalu. Dari $ 39.000 per tahun, gaji setiap anggota legislatif dikurangi menjadi $ 32.000 per tahun. Gaji tahunan gubernur adalah $ 126.000, sementara anggota kabinet menerima gaji tahunan mulai dari $ 60.000 hingga lebih dari $ 70.000.

Loading...
;

Dalam wawancara terpisah, Pimpinan Minoritas di DPR CNMI, Edwin Propst, setuju bahwa gaji legislator jauh lebih rendah daripada gaji gubernur dan anggota kabinet. Dalam kasusnya sendiri, katanya, dia tidak mendapatkan penggantian biaya apa-apa dan tidak pernah menggunakan tunjangan biaya hidup dan perjalanan.

“Gubernur Ralph telah bertemu dengan badan legislatif pada Selasa pagi, untuk menegaskan kembali bahwa pemotongan hanya akan diterapkan sejak saat itu ke depan,” kata Sablan. (Marianas Variety)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top