Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Badan PPPA Akan Susun Perda Soal Kota Layak Anak

Kepala Badan PPPA Papua, Anike Rawar - Jubi/Arjuna
Kepala Badan PPPA Papua, Anike Rawar – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Untuk wujudkan Ibukota Papua sebagai kota layak anak, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Papua berencana akan membuat dasar hukum berupa peraturan daerah (Perda).

“Kami sedang mendorong Perda tentang kota layak anak untuk disahkan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua, Anike Rawar, di Jayapura, Minggu (2/8/2015).

Menurut ia, tahun ini pemerintah Pusat telah menetapkan Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Merauke sebagai ‘pilot project’ kota dan kabupaten layak anak (KLA).

“Pemerintah wajib melakukan kesepakatan tentang pembentukan kabupaten/kota layak anak dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua persyaratan standar kelayakannya,” ucapnya.

Ia jelaskan, kota layak anak merupakan kota yang semua anak mendapat kehidupan sebaik mungkin dan mempunyai akses kepada ketersediaan akan kebutuhan dasar hidup anak dengan memadai dan terjangkau.

Disamping itu, Papua sebagai bagian dari komunitas dunia internasional dan nasional, memiliki sejarah dan cerita kelam yang ikut memarjinalkan anak-anak dalam setiap proses pembangunan.

Loading...
;

“Dengan melihat dan memahami kondisi aktual anak di Papua, maka pemerintah pusat telah mencanangkan beberapa daerah di Papua sebagai kota dan kabupaten layak anak,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BPP dan KB Kota Jayapura, Betty Antoineta Puy mengatakan untuk wujudkan Ibukota Papua sebagai kota layak anak, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan, salah satunya sosialisasi bagi stakeholder.

“Ini tindak lanjut dari pencanangan, karena itu harus dilakukan sosialisasi kepada pemangku kepentingan dan juga masyarakat secara bertahap,” kata Betty.

Selain itu, untuk menuju Kota Layak Anak, kata Betty, pihaknya juga membentuk Forum Anak Kota Jayapura dan juga Gugus Tugas Kota Layak Anak.

Terkait indikator untuk menjadi Kota Layak Anak, ujar Betty, juga harus didukung oleh fasilitas taman bermain anak. Pemkot Jayapura bersama SKPD dan BUMN serta BUMD maupun organisasi yang ada di Kota Jayapura membuat dan menata taman.

Seperti Taman Mesran, Taman Bank Mandiri, kemudian ke depan akan dibuat pusat bermain dan olahraga anak di lokasi eks Pasar Ampera, Distrik Jayapura Selatan.

“Tidak menutup kemungkinan akan dibangun di lima distrik diantaranya, Distrik Jayapura Utara, Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, Distrik Heram, dan Distrik Muara Tami, namun dilakukan secara bertahap. Yang jadi kendala kami adalah lahan yang tidak memadai untuk membuat taman bermain anak lebih banyak,” ucapnya. (Alexander Loen)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top