Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bandara Ilaga kembali dibuka pasca pesawat tergelincir

Pesawat Dabi Air Nusantara tergelincir di runway bandara Ilaga, Senin (11/3/2019) – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Pesawat Dabi Air Nusantara dengan nomor registrasi penerbangan PK-DPT dilaporkan tergelincir di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (11/3/2019) pagi.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber di Timika, Papua, pesawat tersebut berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 07.05 WIT dengan mengangkut muatan kargo barang.

Pesawat yang dikemudikan Pilot Capten Judha dan Co Pilot Dendi tersebut dilaporkan tergelincir keluar dari landasan saat mendarat di Bandara Ilaga sekitar pukul 07.27 WIT. Pesawat tergelincir keluar dari ujung landasan dengan posisi baling-baling depan menghujam ke tumpukan tanah.

Insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Usman Effendi memastikan Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, kembali beroperasi setelah sempat ditutup. Usman di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, mengaku belum bisa memastikan penyebab pesawat kargo tersebut tergelincir.

Loading...
;

“Kondisi runway di sana (Bandara Ilaga) baik. Saya juga sempat di sana (Bandara Ilaga) selama 20 menit, barulah melaporkan ke Jakarta. Kita adalah penerbangan keempat yang mendarat setelah pesawat itu tergelincir. Ini pesawat (milik PT Dabi Air Nusantara) carteran untuk kargo,” katanya.

Akibat tergelincir di landasan pacu Bandara Ilaga, pesawat yang mengangkut 1.247 kilogram barang campuran serta uang tunai sebesar Rp4 miliar milik Bank Papua ini mengalami kerusakan serius.

“Pesawat mengalami kerusakan parah seperti propeller-nya patah, baling-balingnya patah. Tetapi, semua logistik yang dibawa dalam keadaan aman dan telah diamankan oleh petugas bandara,” katanya.

Ia mengatakan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menuju Puncak Papua pada Selasa (12/3/2019) untuk memastikan penyebab pesawat tersebut tergelincir.

“Dugaan sementara kemungkinan adalah perhitungan, hanya saja kita belum bisa mengambil kesimpulan karena nanti ada tim KNKT yang akan turun untuk mempelajari masalah di sana,” katanya. (*)

Editor : Victor Mambor

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top