HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bangladesh kembali gagal pulangkan pengungsi Rohingya

Ilustrasi deportasi, pixabay.com

Para pengungsi telah menolak kembali karena takut akan mengalami kekerasan lagi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Cox’s Bazaar, Jubi – Usaha Bangladesh mulai memulangkan ribuan Muslim Rohingya yang tinggal di kamp-kamp pengungsi gagal. Pada Kamis, (22/8/2019) hampir 300 keluarga pengungsi menolak kembali ke Myanmar.

Pekan lalu para pengungsi tersebut mengatakan mereka sudah sepakat pada 22 Agustus sebagai permulaan untuk pemulangan 3.450 orang yang dibersihkan oleh Myanmar, dari lebih 730 ribu orang yang melarikan diri ke Bangladesh akibat aksi militer di Negara Bagian Rakhine pada 2017.

Berita terkait : PBB sebut kondisi pengungsi Rohingya nyaris tak ada harapan

Loading...
;

Myanmar sita kapal pengangkut 93 Rohingya

Batal dipulangkan, warga Rohingya gelar doa syukur

Walaupun penguasa Myanmar mengatakan mereka siap menerima siapa saja yang kembali. Para pengungsi telah menolak kembali karena takut akan mengalami kekerasan lagi.

Sejak rencana itu diumumkan, staf PBB dan para pejabat Bangladesh telah mewawancarai mereka yang lolos untuk pulang, diseleksi dari daftar lebih 22 ribu orang yang dikirim oleh Bangladesh ke Myanmar untuk menentukan apakah mereka ingin pulang.

“Tak seorangpun dari 295 keluarga yang sudah diwawancara hingga sekarang sepakat untuk pulang,” kata seorang pejabat pertolongan Bangladesh, Mohammad Abul Kalam.

Direktur di Kementerian Sosial Myanmar, Min Thein, mengatakan kepada Reuters bahwa para pejabat dikirim untuk menyambut kedatangan di pusat-pusat penerimaan di perbatasan. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top