Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Banjir di Sigi hambat perayaan Natal

Ilustrasi banjir  di Kabupaten Jayapura, Maret lalu – Jubi/Engelbert Wally

Banyak acara atau ibadah Natal tidak dapat dilaksanakan, karena situasi dan kondisi pascabencana yang sangat tidak mendukung.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sigi, Jubi – Jemaat Gereja Bala Keselamatan (BK) Korps 1 Kulawi, di Desa Bolapapu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terhambat menjalankan ibadah Natal. Kondisi itu akibat banjir bandang disertai lumpur, kayu dan batu yang terjadi pada Kamis (12/12/2019).

“Memang menjelang Natal ini, kami juga agak sedikit mengalami kesulitan pascabencana gempa 28 September 2018, kemudian ini banjir 12 Desember 2019,”  kata Opsir Korps 1 Kulawi, Mayor Merling Sandjo, Minggu, (15/12/2019).

Baca juga : Bupati pastikan pembangunan kembali permukiman korban banjir

Musim hujan warga diimbau waspada longsor dan banjir

Loading...
;

Daerah ini masih rawan longsor dan banjir bandang

Menurut Merling banyak acara atau ibadah Natal tidak dapat dilaksanakan, karena situasi dan kondisi pascabencana yang sangat tidak mendukung. “Berbagai acara Natal tidak bisa dilaksanakan, mengingat situasi dan keadaan yang dalam suasana duka karena bencana,” ujar Merling menambahkan .

Namun ia  meyakinkan kepada jemaat sedang berupaya agar Natal tetap bisa terlaksana, walaupun situasi dan kondisinya berbeda. Tercatat jemaat yang terdampak bencana banjir bandang pada Kamis (12/12/2019) kurang lebih mencapai 100 kepala keluarga (KK).

Saat ini jemaat Gereja Bala Keselamatan Korps 1 Kulawi mengungsi di hunian sementara (Huntara) yang sebelumnya dibangun untuk korban gempa.

“Jemaat mengungsi di daerah yang aman, mereka jauh dari sungai. Kami mengantarkan mereka makanan setiap pagi dan siang, malam,” kata Merling menjelaskan.

Ia berharap pemerintah melakukan normalisasi sungai, sebagai bentuk upaya minimalisir dampak bencana banjir bandang.

Saat ini kegiatan ibadah tidak berlangsung di gereja permanen, melainkan berlangsung di gereja sementara karena gedung gereja permenan tidak dapat difungsikan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top