Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bantuan bencana, masyarakat diminta tidak terprovokasi

Penyerahan bantuan di salah satu posko penampungan bencana korban banjir, beberapa waktu lalu – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ketua Pemuda Panca Marga Kabupaten Jayapura, Nelson Yohosua Ondi, minta masyarakat tidak terprovokasi dengan isu-isu apapun terkait dana bantuan banjir yang diserahkan sejumlah pihak melalui Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Kalau selama ini ada sorotan tentang lambannya pemerintah daerah dalam menangani korban bencana apalagi anggaran yang masuk sangat besar, jangan dikhawatirkan sebab pemerintah daerah sudah mempersiapkan segala sesuatu berdasarkan program dan tahapan penanganan yang tersturktur dan berdasarkan aturan,” ujar Nelson Ondi, saat ditemui di Sentani, Minggu (16/6/2019).

Menurut  Ondi, pemerinta tidak mungkin menutup mata, apalagi sampai menggelapkan anggaran bencana untuk kepentingan pribadi atau sekelompok orang yang tidak ada hubungannya dengan bencana banjir bandang.

Nelson Ondi juga menegaskan Bupati Jayapura adalah pemimpin yang mempunyai hati untuk rakyatnya dan Beliau telah mempersiapkan segala sesuatu dalam proses penanganan bencana dan sedang berjalan. Penting juga ada keseimbangan dan pemerataan bagi semua masyarakat yang ada di daerah ini.

Loading...
;

Dikatakan, beberapa hari lalu ada pertemuan yang diprakarsai oleh MRP dengan tokoh adat dan tokoh agama. Banyak keluh kesah disampaikan dalam pertemuan tersebut. Sebagai lembaga kultur, MRP tentunya berbicara soal nasib orang asli Papu (OAP) di kabupaten ini, sementara yang dikerjakan oleh pemerintah daerah saat ini untuk semua masyarakat yang terdampak langsung.

“Alangkah bijaknya MRP memberikan rekomendasi kepada DPRD Kabupaten Jayapura guna membentuk pansus dalam mengawal dan membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah ini. Perwakilan masyarakat juga dapat melakukan dialog dengan pemerintah daerah terkait penanganan bencana, tidak serta merta semuanya dinaikkan secara langsung di media sosial,” jelasnya.

Di lain sisi, lanjut Nelson Ondi, ada isu demo damai yang akan digelar oleh sekelompok pemuda, lebih baik memakai cara yang elegan atau berdialog langsung pemerintah daerah daripada melakukan aksi demo.

“Pemuda harus berpikir rasional jangan selalu berpikir kontraversional, mengkritisi tetapi tidak bisa memberikan solusi. Aksi seperti ini harus murni lahir dari seluruh komponen korban bencana jangan sampai diboncengi oleh kepentingan politik oknum tertentu yang lalu mengatasnamakan korban bencana. Jangan bawa semangat people power di Kabupaten Jayapura,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi, menegaskan bahwa semua bantuan yang diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Jayapura digunakan seutuhnya untuk kepentingan korban bencana.

“Kalau ada kekurangan, tentunya akan kita benahi lagi, karena semua penanganan yang dilakukan berdasarkan tahapan yang sudah ditetapkan,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top