Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bantuan hibah tiga OPD diserahkan Mandacan di Sorong

Gubernur Dominggus Mandacan, serahkan bantuan kepada kelompok usaha masyarakat di Kota Sorong dan Raja Ampat. Tiga OPD di Pemprov Papua Barat salurkan bantuan dalam satu program yang sama. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, menyerahkan bantuan kepada kelompok usaha masyarakat dan perorangan di wilayah Kabupaten Sorong, Kota Sorong dan Raja Ampat, Jumat (6/12/2019). Bantuan tersebut disebut sebagai rangsangan untuk terbentuknya kelompok-kelompok usaha masyarakat lainnya.

Bantuan yang bersumber dari Hibah Provinsi Papua Barat tahun anggaran 2019 ini merupakan gabungan program dari tiga OPD di Pemprov Papua Barat, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Disperindag, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Barat.

“Bantuan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah Papua Barat sebagai rangsangan kepada masyarakat dalam membentuk kelompok usaha dan harus memperhatikan potensi usaha, dukungan modal dan kapasitas sosial-ekonomi,” ujar Mandacan saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok usaha masyarakat di komplek Tampa garam, Kota Sorong, Jumat (6/12/2019).

Melalui bantuan yang diberikan, Mandacan harapkan adanya pertumbuhan kelompok usaha perkotaan dan di pesisir kota Sorong hingga Raja Ampat (Sorong raya).

“Saya harap, kedepan ada pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir untuk meningkatkan pendapatan kelompok usaha masyarakat,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakan Mandacan, bantuan yang diserahkan merupakan hasil koordnasi antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kelautan dan Perikanan, menindaklanjuti  permohonan (proposal) masyarakat ditiga OPD tersebut.

“Memang tiga OPD ini terima proposal permohonan bantuan yang sama, sehingga penyerahannya kita satukan di Kota Sorong,” kata Mandacan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat, Lince Idorwai mengatakan, pemberian bantuan tersebut pun telah didahului dengan survei, mengingat Dinas Provinsi tidak memiliki data tentang kelompok usaha masyarakat di kabupaten/kota.

Dia akui, tidak segan-segan untuk menarik kembali bantuan yang diberikan bila kelompok penerima bantuan terima bantuan serupa dari Dinas Kabupaten/kota.

“Sebelum kami salurkan, ada survei yang dilakukan, untuk memastikan data kelompok penerima. Karena kalau sampai diterima dobol, saya tidak segan-segan untuk tarik kembali,” katanya.

Bantuan tersebut, juga untuk menjawab proposal masyarakat yang diputuskan dalam rapat koordinasi kepala OPD yang bidang kerjanya  berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

“Kita jawab proposal masyarakat, tapi sebelumnya kita sudah rapat untuk cocokkan program di beberapa OPD yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat,” ujar Idorwai.

Diketahui, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung salurkan bantuan berupa perahu fiber, motor tempel 15 PK dan bantuan pemasangan lampu solar sel.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat menyalurkan, 114 tenda matic dan 212 payung untuk warga pelaku usaha di kota Sorong dan 100 payung untuk warga pelaku usaha di kabupaten Sorong.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat salurkan bantuan berupa 42 unit perahu fiber dan motor tempel 15 PK bagi masyarakat di kabupaten Raja Ampat.

Pantauan Jubi, bantuan Hibah Provinsi tiga OPD Papua Barat ini tidak disebutkan besar nominal anggaran masing-masing item bantuan yang diserahkan kepada masyarakat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top