Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bantuan Uni Eropa untuk Kolombia diperpanjang

Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bogota, Jubi – Uni Eropa mengatakan aliran dana untuk Kolombia diperpanjang hingga empat tahun guna mendukung pelaksanaan perjanjian perdamaian Kolombia dengan kelompok pemberontak FARC, termasuk distribusi awal senilai 33,5 juta euro.

Blok tersebut sebelumnya telah mengucurkan hampir 128 juta euro kepada Kolombia untuk membantu para mantan gerilyawan kembali berintegrasi sejak akhir 2016. Perjanjian perdamaian mengakhiri peranan FARC dalam lebih dari lima dekade konflik di Kolombia, yang merenggut 260.000 nyawa dan membuat jutaan orang lainnya mengungsi.

“Pengumuman ini merupakan sokongan serius, solid, dan dengan sumber daya, untuk menunjukkan komitmen kami terhadap pemerintah Kolombia,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Kolombia, Patricia Llombart, kepada awak media, pada Kamis (24/10/2019).

Baca juga : Uni Eropa bakal bantu pembangunan kembali Katedral Notre-Dame

Loading...
;

Uni Eropa dan Turki terus bantu pengungsi Suriah

Senin pagi ini Inggris bahas Brexit dengan pemimpin Uni Eropa

Ia juga menuturkan bahwa Uni Eropa mengharapkan sebuah perdamaian yang menghasilkan pembangunan ekonomi.

Tercatat sekitar 13.000 anggota FARC, termasuk 7.000 gerilyawan, mendapatkan demobilisasi berdasarkan perjanjian tersebut. Kelompok itu kini menjadi partai politik.

Sementara itu, ratusan anggota masih berada di kamp bekas demobilisasi, tempat mereka terlibat dalam proyek bisnis yang bertujuan membantunya berbaur kembali dengan masyarakat dan menemukan cara untuk mencari nafkah.

Mayoritas mantan gerilyawan tetap berkomitmen pada proses perdamaian, terlepas dari pembunuhan puluhan mantan gerilyawan, dipersenjatainya kembali sejumlah mantan komandan dan keraguan bahwa Presiden Ivan Duque berkomitmen membantu mantan gerilyawan.

Dana segar itu akan membiayai dua proyek produksi kakao dan upaya pembuatan keju tahun depan. “Dana yang mengalir dari Uni Eropa, Austria dan Finlandia sejauh ini telah digunakan untuk sekitar 30 proyek,”katanya. (*)
Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top