HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Banyak dikunjungi wisatawan, Tungkuwiri belum dikelola baik

Banyak dikunjungi wisatawan, Tungkuwiri belum dikelola baik

Pemandangan bukit Tungkuwiri saat dikunjungi oleh masyarakat – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Tungkuwiri adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Jayapura yang ramai dikunjugi wisata lokal maupun mancanegara. Tetapi hingga saat ini, tempat ini belum dikelola dengan baik.

Tempat wisata perbukitan ini berada di Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu dan berada dekat dengan Danau Sentani.

“Setiap hari ada 50-70 orang yang datang sekedar menikmati pemandangan alam dari ketinggian Bukit Tungkuwiri ini,” kata Ricky Pangkatana, seorang pemuda di Kampung Doyo Lama, saat ditemui di area parkir Bukit Tungkuwiri, Kamis (27/6/2019).

Pangkatana juga mengatakan bukit ini biasa disebut Teletabis (Teletubbies), mungkin karena bentuknya sama dengan tempat yang ada di film itu.

Sesungguhnya, tempat ini namanya Tungku Wiri, yang dalam bahasa daerah Sentani artinya perbukitan wiri.

Di Bukit Tungkuwiri, saat ini sudah ada sejumlah pondok yang dibangun oleh pemerintah kampung setempat.

“Tempat ini juga tidak dikelola secara baik, artinya untuk mendatangkan pendapatan asli kampung maupun daerah, karena tidak ada karcis masuk layaknya tempat-tempat wisata lain,” jelasnya.

Sementara itu, Deni, seorang warga Kota Jayapura yang datang berkunjung untuk sekader menikmati pemandangan alam di atas Bukit Tungkuwiri, mengaku sangat kagum dengan keindahan Danau Sentani yang dilihat dari perbukitan tersebut.

“Tidak dikelola saja sudah banyak pengunjungnya, mulai dari pagi, siang, hingga sore hari. Memang sangat indah ketika kita berada di atas bukit itu dan memandangi Danau Sentani yang luas, lalu ada perbukitan lagi sebelah barat, utara, dan selatan,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)