Bawaslu Jayapura tangani delapan laporan dugaan pelanggaran pemilu

Bawaslu Jayapura tangani delapan laporan dugaan pelanggaran pemilu

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Sejak November 2018 hingga Januai 2019, Bawaslu Jayapura menangani delapan laporan dugaan pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zakarias Ronsumre, mengatakan dalam penanganan laporan, pihaknya terlebih dulu melihat kelengkapan serta bukti-bukti yang disertakan dalam laporan tersebut. Termasuk melakukan pengkajian dan investigasi langsung ke tempat kejadian.

"Dari laporan yang disampaikan ini masih sebatas dugaan, karena tidak memenuhi syarat dan unsur yang mengarah kepada pelanggaran pemilu. Sementara yang melapor ini adalah tim sukses calon legislatif serta partai pendukung," jelas Ronsumre di Sentani, Jumat (18/1/2019).

Dikatakan, dari delapan laporan tersebut, semuanya tersebar di daerah pemilihan (Dapil) I dan Dapil III. Pelanggaran yang ditemui adalah pengrusakan alat peraga kampanye (APK) dari para calon legislatif yang maju di Kabupaten Jayapura. 

"Para pelapor sebelum memberikan laporan harusnya memperhatikan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam pelaporan tersebut. Hal ini akan memudahkan pihak kami untuk secara cepat melakukan tindakan dan verifikasi terhadap laporan yang diterima," katanya.

Sementara itu, Seprianti Pandi Rumkabu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu, mengatakan dalam pelaporan yang dilakukan ketika ada dugaan pelanggaran, ada waktu yang diberikan juga kepada si pelapor ketika dalam pelaporan tersebut belum memenuhi unsur yang dimaksud.

"Tujuh hari setelah kejadian harus dilaporkan. Setelah melapor ada waktu yang diberikan untuk perbaikan apabila unsur-unsur pelaporan tidak lengkap. Syarat formal antara lain kronologis kejadian dan lokasi kejadian. Sementara syarat material berupa foto, video, dan audio yang dapat dijadikan alat bukti,," ungkapnya. (*)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)