HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bawaslu Merauke panggil caleg Partai Demokrat, Birman Dalan Pasaribu

Kordiv Penindakan Bawaslu Merauke, Agustinus Mahuze, saat memberikan keterangan pers – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke memanggil calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrat, Birman Dalan Pasaribu, untuk didengar klarifikasinya, sehubungan dengan dugaan bagi-bagi uang maupun stiker kepada masyarakat di Kampung Domba, Sayap, serta Mopah Lama menjelang Pemil 17 April lalu.

“Memang saat ini Pak Birman Dalan Pasaribu sedang didengar klarifikasinya, setelah adanya laporan dari salah seorang warga atas nama Petrus Baweng beberapa waktu lalu,” ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan Bawaslu Merauke, Agustinus Mahuze, kepada sejumlah wartawan, Senin (13/5/2019).

Dikatakan, alur penanganan suatu kasus di Bawaslu adalah setelah laporan diterima, dibuat kajian awal. Dari kajian dimaksud, itu yang diplenokan.

“Ya, kalau caleg bersangkutan dimintai klarifikasi, berarti sudah pada tahap penyelidikan,” ujarnya.

Loading...
;

“Memang betul kasus Birman Dalan Pasaribu telah diplenokan dan memenuhi syarat formil dan materiil sehingga ditingkatkan ke penyelidikan. Lalu orang yang disebutkan dalam laporan, dimintai keterangan mulai dari pelapor, terlapor, dan juga saksi-saksi,” ungkapnya.

Petrus Baweng dalam laporannya mengatakan pihaknya mendapatkan informasi kalau Birman Dalan Pasaribu yang ditemani Yoseph Unwawiola pada Senin tanggal 15 April 2019 mulai pukul 16.00 WIT-17.00 WIT membagi uang bersama stiker kepada masyarakat menjelang pencoblosan 17 April 2019.

“Saya baru mengetahui informasi tersebut tanggal 18 April 2019, satu hari setelah pencoblosan dilakukan dan mengambil inisiatif dengan mendatangi Bawaslu sekaligus melaporkan Birman Pasaribu,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top