Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bawaslu: OTT teradap MM bukan tindak pidana Pemilu

Suasana aksi demo damai yang dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam warga peduli demokrasi – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Bidang Hukum, Penindakan, dan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawasu) Kota Jayapura, Rinto Pakpahan mengatakan, Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap MM yang dilakukan oleh tim Sat Narkoba Polda Papua pada Minggu (15/4/2019) lalu di salah satu hotel di Jayapura bukanlah tindak pidana Pemilu tetapi tindak pidana umum.

“Jadi itu tindak pidana umum, bukan tindak pidana Pemilu. Memang saat OTT, ditemukan sejumlah uang dan dua kartu nama caleg. Satu kartu caleg DPD RI dan satu kartu lainnya caleg DPR RI dari Partai Gerindra,” kata Rinto menjawab pertanyaan Jubi, Sabtu (20/4/2019).

Kata Rinto, aksi demo damai tadi merupakan bagian dari ketidakpuasan masyarakat atas apa yang mereka dengar dan membacanya di media sosial dan media massa. Dikatakan, untuk tindak pidana umum sepenuhnya adalah kewenangan dari pihak kepolsiaan, sedangkan untuk melakukan investigasi dan klarifikasi soal adanya sejumlah uang dan kartu nama dua caleg adalah kewenangan Bawaslu Papua.

“Kami sudah melakukan pleno dan hasilnya kami serahkan ke pimpinan kami yakni Bawaslu Papua untuk menindaklanjuti aspirasi dari Masyarakat Peduli Demokrasi,” ujarnya.

Loading...
;

Terpisah, Koordinator aksi demo damai dari masyarakat peduli demokrasi, Rudi Mebri mengatakan dua calon legislatif (caleg) yang kartu namanya ditemukan bersama dengan MM harus diperiksa oleh Bawaslu.

“Kami meminta agar MM dan dua caleg tersebut harus diproses secara hukum yang berlaku. Dan kami meminta agar mereka harus keluar dari tanah Papua, karena sudah menciderai proses demokrasi yang sedang berlangsung di tanah ini,” kata Mebri kepada wartawan. (*)

Editor       : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top