Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bawaslu Papua Barat sosialisasi aturan pengawas Pilkada

Logo Bawaslu – Jubi/Dok

Lembaga itu juga mulai perekrutan panwas kecamatan bagi Bawaslu tingkat kabupaten dan kota.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi– Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Provinsi Papua Barat mulai mensosialisasikan aturan pengawas pemilihan kepala daerah. Lembaga itu juga mulai perekrutan panwas kecamatan bagi Bawaslu tingkat kabupaten dan kota.

“Aturan yang disosialisasikan tentang teknik bagaimana melakukan pengawasan Pilkada dan perekrutan panwas kecamatan atau distrik,” kata Kordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Papua Barat, Muhammad Nazil Hilmi di Sorong, Minggu, (1/12/2019).

Baca jugaBawaslu Papua supervisi Bawaslu Yahukimo siapkan Pilkada 2020

Loading...
;

Pilkada Yahukimo 2020, Bawaslu harap KPU selalu di tempat tugas Diduga korupsi, mantan Ketua Bawaslu Papua Barat resmi ditahan

Sosialisasi aturan Pengawas pemilu tersebut untuk seluruh Bawaslu tingkat kabupaten dan kota di provinsi Papua Barat, diutamakan bagi sembilan daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020.

Menurut dia, sembilan daerah yang menyelenggarakan Pilkada pada 2020 meliputi Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Bintuni, Wondama, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat, dan Sorong Selatan.

“Karena itu sosialisasi aturan dilakukan agar menyatukan pandangan terutama daerah-daerah penyelenggara Pilkada 2020 untuk merekrut panwas kecamatan yang memiliki integritas yang tinggi dan profesional melakukan tugas untuk mewujudkan Pilkada damai,” kata Hilmi menjelaskan.

Ia berharap agar Bawaslu daerah-daerah yang melakukan Pilkada 2020 lebih selektif dalam perekrutan panwas kecamatan sehingga menghasilkan orang-orang yang benar-benar bekerja untuk mewujudkan Pilkada damai.

Tecatat ada empat Bawaslu yang tidak melakukan pengawasan Pilkada 2020 yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Maybrat, dan Kabupaten Tambrauw. Namun mereka tetap melaksanakan tugas terutama evaluasi internal data-data pemilih guna Pilkada di masa yang akan datang. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top