Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bawaslu Yahukimo gelar sosialiasasi tahapan Pilkada dan ibadah Natal bersama

Ketua Bawaslu dan Komisioner serta koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Yahukimo saat membawa materi sosialisasi –Jubi/David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yahukimo, Jubi- Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo melaksanakan sosialisasi Pilkada tahun 2020. kegiatan itu dirangkaikan dengan ibadah Natal bersama sekaligus pengucapan syukur atas Bawaslu Award yang diterima sebagai penyelesaian sengketa terbaik ketiga di seluruh Indonesia.

Ibadah dan sosialiasasi ini dihadiri oleh Kapolres Yahukimo, AKBP.Angling Kuntoro, Kepala Kesbangpol, ketua KNPI Kabupaten Yahukimo dan ketua-ketua partai di kabupaten Yahukimo dan masyarakat yang berada di Kota Dekai.

Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo, Sepius Mirin, kepada wartawan mengatakan, pihaknya mensosialisasikan tahapan pilkada agar masyarakat luas mengetahui sejauh mana proses terhadap tahapan-tahapan Pilkada 2020 dan apa saja yang sudah dilakukan.

“Hari ini memberikan informasi kepada masyarakat Yahukimo bahwa tahapan-tahapan pilkada itu sedang berjalan. Ke depan Kader terbaik Yahukimo yang akan maju juga akan tahu informasi apa saja yang harus dipersiapkan dalam menuju Pilkada 2020,” kata dia Sabtu (07/12/2019).

Sosialissi tersebut digelar pihaknya sembari menunggu UU Pilkada nomor 10 tahun 2016 yang sedang diamandemen di pusat.

Loading...
;

Dia juga meminta masyarakat untuk berperan aktif mendapatkan informasi di Bawaslu. Karena Bawaslu Kabupaten Yahukimo membuka diri untuk memberikan informasi maupun sosialisasi kepada masyarakat umum.

“ Sosialisasi ini juga dilakukan terkait rekrutmen panitia pengawas distrik (Pandis) yang sedang di lakukan di kabupaten Yahukimo. Karena proses pengembalian sudah dilaksanakan dan saat ini tahap pemeriksaan administrasi dan akan diumumkan pada tanggal 12 Desember 2019 nanti,”.

Menurutnya salah satu yang menjadi catatan adalah penilaian terhadap Pandis, apakah sudah benar-sudah melakukan pengawasan dengan baik atau tidak. Dan untuk menilai itu Bawaslu akan turun ke lapangan untuk mengecek di lapangan pada minggu berjalan ini.

Yuhendar Muabuay Koordinator sekretariat Bawaslu Papua yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut menambahkan tahapan pemilihan bupati sedang berjalan .

Dia mengapreasi kepada pihak Bawaslu Yahukimo karena akan turun ke lapangan untuk memastikan kinerja Pandis.

Dia menjelaskan, pengawasan Pilkada dilakukan oleh orang-orang yang tidak terlibat politik atau pendukung kandidat tertentu.

Dia juga berpesan kepada seluruh warga untuk menjaga Yahukimo tetap kondusif, agar proses penetapan maupun proses yang terkait dengan Pilkada dapat berjalan lancar. Itu kelak menjadi bukti bahwa masyarakat Yahukimo sudah dewasa dalam berdemokrasi.(adv)

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top