Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bawaslu Yalimo minta Parpol ajarkan tata cara memilih

Masyarakat Yali ketika mengikuti kampanye Pemilihan Umum di Kabupaten Yalimo – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Biak, Jubi – Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Yalimo Demianus Bayage meminta para ketua pengurus partai politik peserta Pemilihan Umum 2019 di Yalimo membantu menyosialisasikan tata cara menggunakan hak suara. Hal itu disampikan Bayage saat menghadiri deklarasi pelepasan calon anggota legislatif Partai Amanat Nasional di Elelim, ibukota Kabupaten Yalimo, Kamis (14/3/2019).

“Dalam kesempatan itu, saya menjelaskan tata cara pemungutan suara. Karena saya melihat tidak ada cukup waktu bagi Komisi Pemilihan Umum Yalimo untuk menyosialisasikan tata cara mencoblos, saya meminta partai politik ikut menyosialisasikan tata cara mencoblos,” kata Bayage saat ditemui Jubi di Biak, Senin (18/3/2019).

Menurut Bayage, Pemilihan Umum 2019 berbeda karena untuk pertama kalinya menyatukan pemilihan anggota legislatif, Dewan Perwakilan Daerah, maupun Presiden. Bayage meminta para pengurus partai politik untuk menjelaskan jenis-jenis surat suara yang akan diterima setiap pemilih di Yalimo, dan cara mencoblos setiap surat suara.

“Ada 26 partai politik yang mencalonkan anggota legislatif di Kabupaten Yalimo. Mereka harus memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada pemilih, supaya para pemilih tidak keliru memahami cara menggunakan hak suara pada 17 April nanti,” ujar Bayage.

Loading...
;

Salah seorang pemilih baru, Yady Mabel mengatakan, sosialisasi begini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada pemilih baru. “Masyarakat awam tidak memahami tata cara menggunakan hak suaranya, sehingga sosialisasi harus diperbanyak,” kata Mabel.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top