Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Beasiswa tak cair, mahasiswa segel dua kantor

Mahasiswa melancarkan protes di Kantor Keuangan Pemkab Dogiyai, Kamis (5/12/2019) – dok. pribadi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Mahasiswa menuding Dinas Pendidikan (Disdik) Dogiyai lamban dalam mengurus permohonan bantuan pendidikan (beasiswa). Mereka protes, dan memalang atau menyegel kantor tersebut.

“Kami merasa dipermainkan. Kadis (Kepala Disdik Dogiyai) tidak menepati janji,” kata koordinator aksi, Hengki D Mote kepada Jubi melalui telepon, Kamis (5/12/2019).

Aksi protes diikuti sekitar 40 mahasiswa dari berbagai kota studi di Papua maupun di luar Papua. Mereka mempertanyakan realisasi beasiswa yang diajukan pada awal September, dan dijanjikan cair pada akhir bulan lalu.

Tidak seorang pun pejabat maupun staf Disdik Dogiyai bersedia melayani protes mahasiswa. Mereka pun akhirnya melanjutkan aksi dengan menyegel Kantor Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai.

“Kami tunggu kejelasannya (pencairan beasiswa) sampai hari ini. Karena janji tinggal janji, kami palang dua kantor itu,” kata Mote, yang juga Ketua Rumpun Pelajar dan Mahasiswa Siriwo, Mapia, Topo, Wanggar (Simapitowa) di Kota Jayapura.

Loading...
;

Pihak mahasiswa menyebut ada kesepakatan resmi mereka dengan Pemkab Dogiyai pada tahun lalu. Kesepakatan tersebut berupa pembangunan sejumlah asrama mahasiswa, pemberian beasiswa selama setahun penuh, dan jaminan biaya kesehatan.

“Pemkab Dogiyai keseringan mengumbar janji. Dari semua kesepakatan itu, belum satu pun terealisasi,” kata Ketua Badan Pengurus Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai (Ipmado) Antonius Boma. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top