Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Beban pemakaian listrik di Merauke turun

Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke, Daniel Tampubolon, sedang memberikan keterangan pers – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Manajer PT PLN  Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke, Daniel Tampubolon, mengungkapkan wilayah pelayanannya mencakup juga dua kabupaten yakni Boven Digoel serta Mappi.

Khusus Kabupaten Merauke, kondisi kelistrikan aman. Artinya tak ada defisit. Ketika dilihat trend pemakaian listrik secara akumulatif, terjadi penurunan pemakaian. Itu disebabkan oleh fenomena tahunan cuaca yang semakin dingin sebulan terakhir.

“Kita prediksi beban ini akan terus turun hingga Lebaran. Selain itu dari sisi kondisi pembangkit kita juga memenuhi. Sehingga dapat dipastikan defisit dapat dihindari,” ungkap Tampubolon, saat menggelar jumpa pers bersama sejumlah wartawan, Selasa (28/5/2019).

Dijelaskan, beban puncak sekarang mencapai 20,5 megawatt. Namun perlu diantisipasi. Daya mampu kondisi pembangkit antara 20,5 hingga 21 megawatt.  Sementara cadangan berkisar sekitar 1 mega.

Loading...
;

Dikatakan, dalam satu sampai dua bulan ini, sedang diproses untuk nantinya dioperasikan pembangkit listrik mesin gas satu dan dua yang tahapannya sedang dalam pengujian.

“Kita harapkan dalam triwulan ketiga, sudah dapat dinikmati suplai listrik secara kontinu dari pembangkit listrik mesin gas itu,” ujarnya.

Khusus kondisi kelistrikan di Kabupaten Mappi, menurutnya, dalam keadaan aman dengan cadangan sekitar 1 mega. Sedangkan di Boven Digoel, saat ini ada kerusakan mesin pembangkit sewa pemerintah sehingga terjadi defisit 100-400 kilo watt tiap hari.

Nantinya jika mesin pembangkit listrik gas beroperasi, PLN akan merelokasi sejumlah pembangkit  ke sana, juga Keppi serta di Bupul.

Dalam kesempatan itu, Tampubolon mengatakan PLN siap mengamankan pasokan listrik jelang Lebaran.

“Kami siapkan lima posko siaga dengan menempatkan 70 petugas. Karena listrik adalah kebutuhan mendasar. Olehnya saat libur, petugas akan tetap melaksanakan tugasnya,” kata dia.

Ditambahkan, berkaitan dengan pemadaman, itu akibat bencana alam baik banjir, gempa bumi serta angina kencang. Jika terjadi, maka yang dilakukan pertama adalah proteksi jiwa serta peralatan.

Salah seorang warga di Kelurahan Samkai, Anita N, mengatakan sering ada pemadaman secara mendadak, terutama pada malam hari. Tentunya ini agar menjadi perhatian PLN.

“Ya, kalau ada pemadaman agar disampaikan kepada masyarakat, sehingga ada persiapan terlebih dahulu,” (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top