Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Belum ada lahan parkir PON 2020 di Kabupaten Jayapura

Rapat koordinasi persiapan PON 2020 di Kabupaten Jayapura, Selasa (21/1/2020) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Penyelenggara masih belum mendapatkan lokasi parkir untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Kabupaten Jayapura. Mereka sulit menerapkan kontrak penyewaan lahan warga lantaran belum ada petunjuk teknisnya.

“Pertemuan sebelumnya memutuskan untuk menyewa lahan milik masyarakat lokal. Kami sudah mendekati pemilik (lahan) ulayat, tetapi (petunjuk teknis) dari (Pengurus PON tingkat) provinsi masih belum jelas sampai saat ini,” kata Koordinator Bidang Transportasi Panitia PON XX Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw, saat rapat lanjutan persiapan PON, Selasa (21/1/2020).

Awoitauw melanjutkan mereka juga menghadapi kendala untuk memberdayakan pengusaha lokal dalam penyediaan sarana transportasi. Kebanyakan jasa penyewaan kendaraan setempat tidak berbentuk badan usaha resmi sehingga tidak bisa melakukan kontrak kerja sama pengadaan armada.

“Kami menjalin kerja sama dengan PT Astra Abadi, dan Grab untuk pengadaan armada transportasi. (Sebenarnya) banyak rental kendaraan di sini (lokal), tetapi bukan badan usaha. Semoga (rental lokal) dapat diakomodasi (dilibatkan) oleh (pengurus PON tingkat) provinsi,” jelas Awoitauw, yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura.

Tidak hanya fasilitas parkir dan transportasi, kepastian pembangunan arena (venue) beberapa cabang olah raga juga masih belum jelas di Kabupaten Jayapura. Cabang olah raga tersebut ialah aero sport, paralayang, dan gantole.

“Rencana awalnya, venue dibangun di Bukit Tungkuwiri (teletubies), dan Ifar Gunung. Namun, belum jelas juga (kepastian pembangunannya),” kata Wakil Ketua PON XX Kabupaten Jayapura Yaan Yoku.

Loading...
;

Sementara itu, Pengurus Besar (PB) PON XX memastikan ada 100 minibus beserta sopir disiapkan untuk transportasi delegasi dan atlet. Pengadaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tersebut disebar di empat klaster penyelenggaraan, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, serta Merauke, dan Timika.

“(Penyiapan) transportasi lokal menjadi tanggung jawab panitia provinsi. Sementara itu, (kendala pembangunan) tiga venue akan disampaikan kepada bidang penyelenggara di panitia tingkat provinsi,” kata Wakil Ketua I PB PON XX Yohanes Walilo. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top